Berat Hadapi Hari Senin, Simak 6 Tips untuk Atasi Monday Blues Syndrome

JABARNEWS | BANDUNG – Tak terasa akhir pekan bakal segera berlalu, hari yang tanggal akan berganti menjadi Senin. Rutinitas kerja pun dimulai kembali.

Dengan argumen tersebut, banyak orang yang kemudian tidak suka dengan hari Senin atau bahkan membencinya. Ungkapan Monday Blues Syndrome pun lahir.

 

Sejumlah psikolog berpendapat, Monday Blues Syndrome menggambarkan emosi yang kurang menyenangkan seperti sedih, cemas, lelah, hingga stres karena akan menghadapi hari Senin. 

Untuk mengatasinya, berikut ini ialah tips untuk menghadapi hari Senin, agar kamu tidak mengalami Monday Blues Syndrome.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 23 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Capricorn dan Aquarius

 

1. Berpikir positif menjadi salah satu kunci menghadapi hari Senin agar lebih indah. Karena pikiran mempengaruhi cara kerja kita dalam menghadapi segala sesuatu. 

Berpikir positif adalah sikap mental yang melibatkan proses memasukkan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran- gambaran yang konstruktif.

 

2. Siapkan Senin sejak Hari Jumat. Agar akhir pekan fokus untuk menikmati istirahat atau liburan, selesaikanlah pekerjaanmu pada hari Jumat. Jadi, saat menghadapi hari Senin, kamu lebih siap untuk mengerjakan sesuatu yang baru.

 

3. Take A Me Time. Me time adalah meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Menurut para ahli, kegiatan ini penting untuk kesehatan mental. 

Baca Juga:  Generasi Baru

Berikanlah kesempatan pada otak untuk beristirahat. Dan waktu ini berguna untuk mengenal atau mendengar keinginan diri sendiri.

 

4. Bangun lebih awal pada hari Senin. Tidur lebih cepat pada minggu malam dan bangun lebih awal di hari senin dapat memaksimalkan energi kamu untuk bekerja seharian penuh. 

Berdasarkan penelitian, orang yang bangun pagi akan lebih semangat karena memiliki mood yang baik. Oleh karena itu, hari Minggu jangan tidur terlalu larut.

Baca Juga:  Bandara Wiriadinata Buka Rute Tasikmalaya - Solo

 

5. Pilih pakaian favorit. Untuk membangun mood agar lebih semangat di hari Senin, kenakanlah baju kesukaanmu. Atau, coba baju baru dan berpakaianlah dengan gaya baru.

 

6. Hindari mengecek pekerjaan pada akhir pekan. Gunakanlah waktu di akhir pekan dengan sebaik mungkin untuk beristirahat dan menenangkan pikiran. 

Jika pekerjaan telah diselesaikan di hari Jumat, nikmatilah liburan akhir pekan agar saat hari Senin tiba, kita bersiap untuk memulai hari baru dengan semangat. (Red)