Pemberlakuan Tilang Elektronik Di Bandung, Polda Jabar: Sebulan Lagi

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa hari sejak dilantiknya Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri, sudah menampakan gerakan-gerakannya sesuai dengan komitmen yang dibawahnya yaitu menghilangkan tilang di jalanan yang dilakukan oleh petugas kepolisian.

Sebagai ganti penilangan oleh petugas itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menawarkan sistem tilang elektronik atau e-tilang sebagai penggantinya.

Di Jabar, Polda Jabar menyambut baik rencana yang akan diterapkan Kapolri tersebut, dan akan segera diberlakukannya e-tilang di beberapa daerah di Jabar seperti hal nya Kota Bandung yang sudah memiliki kesiapan secara infrastruktur.

Baca Juga:  Sekda Minta Dokumen Kajian Ekonomi Sektoral Jawab Tantangan Ekonomi Digital

Direktur Ditlantas Polda Jabar, Eddy Djunaedi menyampaikan, rencana pemberlakukan sistem tilang elektronik di Kota Bandung sekarang ini dalam fase proses penerapan. Dalam satu bulan kedepan ditargetkan sudah siap.

“Masih progress. Semoga sebulan lagi sudah selesai dan bisa launching,” ungkap Eddy Djunaedi, Minggu (31/1/2021).

Jika sistem tilang elektronik ini berlaku, maka tidak akan ada petugas yang menilang di jalan. Karenanya, kesiapan infrastruktur elektronik ia nilai menjadi sarana yang wajib terselenggara dengan matang.

Baca Juga:  Marak Peredaran Narkoba, Polres Cirebon Kota Amankan 6 Tersangka dalam Sepekan

Eddy mengungkapkan, sejumlah daerah Jabar sudah mulai memenuhi keperluan perangkat lunak maupun perangkat keras serta mengadakan pelatihan dalam rangka persiapan sumber daya manusia.

“Pada beberapa daerah infrastrukturnya sudah siap,” katanya.

Kendati demikian, Eddy menegaskan, sistem tilang elektronik tidak akan serentak berlaku pada semua daerah, akan tetapi secara bertahap lantaran belum semua daerah memenuhi kesiapan infrastruktur.

“Karena belum semua ruas jalan dilengkapi infrastrukturnya, jadi untuk beberapa ruas jalan dulu. Ke depan bisa mengembangkan,” jelasnya.

Baca Juga:  121 Ribu Warga Karawang Belum Lakukan Perekaman e-KTP

Untuk Kota Bandung, Eddy melanjutkan, sistem baru penilangan akan berlaku pada sejumlah ruas jalan tertentu yang telah siap, khususnya ruas-ruas jalan yang telah ada kamera pengawas atau CCTV. Namun, Eddy belum menyebut ruas jalan tersebut.

“Untuk Jabar, nanti Kota Bandung akan berlakukan dan Kota Cirebon pada sejumlah ruas jalan tertentu yang sudah dilengkapi CCTV,” pungkasnya. (Red)