Ketua FKDS Ajak Penyintas Covid-19 di Depok Donorkan Plasma Konvalesen

JABARNEWS | DEPOK – Ketua Forum Kota Depok Sehat (FKDS) Elly Farida mengajak penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen. Pasalnya, donor ini sudah dipelajari secara medis sebagai terapi pemulihan bagi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

“Plasma konvalesen adalah terapi donor plasma dari para penyintas Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh untuk diberikan kepada pasien Covid-19 yang masih terbaring di rumah sakit, sebagai ikhtiar kesembuhan bagi mereka,” ucapnya, Senin (1/2/2021).

Baca Juga:  Habis Transaksi, Pengedar Narkoba Tebing Tinggi Ditangkap Polisi

Elly sapaannya, menuturkan, setiap penyintas yang mendonorkan plasma konvalesen mempunyai sumbangsih besar terhadap pencegahan Covid-19. Untuk itu, imbuhnya, perlu kerja sama semua pihak guna mengakhiri pandemi ini.

“Yuk sama-sama kita ambil bagian dalam upaya peningkatan pencegahan Covid-19 di Kota Depok tercinta,” katanya.

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Distan Kabupaten Tasik Semakin Waspada

Dirinya menyebutkan, terdapat kriteria penyintas Covid-19 yang bisa mendonorkan plasma darahnya. Antara lain, pernah terkonfirmasi positif Covid-19 melalui hasil swab RT-PCR atau swab antigen, telah bebas gejala Covid-19 sekurang-kurangnya 14 hari serta mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit.

“Selanjutnya, laki-laki atau perempuan yang belum hamil, berusia 18-60 tahun, berat badan minimal 60 kilogram, dan tidak memiliki penyakit penyerta,” terangnya.

Baca Juga:  Dani Ramdan Prioritaskan Perbaikan Jembatan Cipamingkis Bekasi yang Longsor

Terakhir, dia juga mengingatkan masyarakat agar selalu patuh terhadap protokol kesehatan (prokes). Yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, serta menjaga jarak aman saat berada di luar rumah.

“Tetap semangat, jaga terus protokol kesehatan 3M dan tidak lupa 2I, iman dan imun selalu kita jaga,” tandasnya. (Red)