Tindak Lanjut Tangung Jawab, PT SMGP Santuni Korban Musibah Sumur Uap

JABARNEWS | MANDAILING NATAL – PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) menindaklanjuti pertanggungjawaban akibat musibah yang terjadi pada Senin (25/01/2020) lalu, saat perusahaan tersebut melakukan uji coba pengoperasian salah satu sumur uap panas bumi Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Pada hari ini, Senin (1/2/2020), PT SMGP memberikan perhatian dukungan moral dan santunan terahadap korban dan keluarga terdampak akibat musibah tersebut.

Perhatian utama tersebut, yakni pada hari ini, pihak perusahaan melakukan silaturahmi i dengan keluarga korban di masing-masing kediamannya.

Di bawah arahan dan didampingi oleh Bapak AKBP Horas Tua Silalahi, Kapolres Mandailing Natal beserta Danramil dan Kapolsek. Itikad ini difasilitasi oleh Bapak Akhiruddin, Camat Puncak Sorik Marapi yang didampingi oleh Kepala Desa dan perangkatnya.

Baca Juga:  Kocak! Gagal Maling Ayam Bangkok, Motor Pelaku Malah Ketinggalan di Kebun Warga Sukabumi

Kepala Teknik Panas Bumi PT SMGP, Eddiyanto turut mengucapkan bela sungkawa dan berdoa agar arwah korban diterima di sisi Allah SWT di tempat termulia.

“Kami menyampaikan rasa maaf yang dalam baik atas nama perusahaan maupun pribadi atas musibah ini dan rasa prihatin kepada saudara-saudara yang sedang menjalani pengobatan baik di Rumah Sakit maupun di rumah masing-masing,” ujar Eddiyanto, dalam keterangganya kepada jabarnews.com, Senin (1/2/2021)

“Kami menegaskan bahwa perusahaan akan bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memastikan penyelesaian masalah-masalah yang timbul dari musibah tersebut,” lanjut Eddy.

Selain itu, untuk pemulihan kesehatan, pihak dari perusahan terus berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten setempat.

Baca Juga:  Duh! Petugas Dishub Dianiaya di Gedung Sate, Begini Kronologinya

“Bagi warga Desa Sibanggor Julu yang terkena dampak musibah tersebut, dengan perincian data per tanggal 30 Januari 2021 yaitu dari 35 korban rawat inap, masih ada 5 orang dalam perawatan di Rumah Sakit dan selebihnya sudah diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan,” ujarnya.

Selanjutnya, perusahaan juga mengupayakan dukungan terhadap Desa Sibanggor Julu bekerjasama dengan Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution untuk membagikan tali kasih berupa paket sembako kepada warga.

“Tahap pertama adalah pembagian paket sembako kepada 450 Kepala Keluarga warga Desa Sibanggor Julu yang berlokasi di sekitar sumur proyek. Paket sembako terdiri dari 10 kg beras, minyak 2 liter, gula 2 kg dan mie instan 1 dus,” ungkapnya.

Upaya tersebut sebagai bagian dari rasa prihatin perusahaan yang mendalam sambil menunggu hasil penyelidikan penyebab musibah yang sudah dilakukan oleh pihak-pihak berwenang dari Kepolisian Resor Sektor Mandailing Natal.

Baca Juga:  Di Jabar Masih Ada Sekolah "Ngampar"

Sementara itu, menurut AKBP Horas Tua Silalahi, Kapolres Mandailing Natal mengatakan, mengatakan bahwa jalinan silaturahmi hari ini merupakan panggilan moral membantu PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) yang memperlihatkan niat baik dan tanggung-jawabnya atas masalah ini untuk kebaikan semua pihak.

“Kami ikut berduka cita atas musibah yang terjadi dan berharap semua pihak dapat menyikapi musibah ini sebijaksana mungkin dan bersabar dalam menunggu hasil penyelidikan. Pihak kepolisian pun akan terus bekerja menyelesaikan masalah ini dan menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya. (Red)