Kasus Positif Covid-19 Capai 1 Juta Lebih, Satgas: Fokus Turunkan Kasus Aktif

JABARNEWS | JAKARTA – Virus Covid-19 kini sudah melebih 1 juta kasus dii Indonesia. Tepat pada 26 Januari 2021 lalu jumlah yang terinfeksi mencapai jumlah 1.012.350 kasus.

Wiku Adisasmito, Juru bicara satgas Covid-19 menjelaskan jumlah kasus ini menggambarkan laju penularan yang cukup tinggi dan terus bertambah. Jumlah kasus aktif berada pada persentase angka 16,44 persen.

Baca Juga:  Tiga Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Ban Tubles Sering Kempes

“Persentase (kasus aktif) ini adalah sebuah ancaman, jika tidak dikendalikan dengan baik, maka akan semakin tinggi pula penduduk Indonesia yang tertular Covid-19,” ucap Wiku pada Kamis (28/1/2021).

Maka dari itu, semua pihak yang terkait agar fokus untuk penanganan pandemi ini. Yaitu dengan menurunkan jumlah kasus aktif Covid-19.

Baca Juga:  Ketua DPRD Jabar Dukung Program KKBPK

“Kita harus benar-benar menganggap serius penanganan kasus aktif, agar angka kesembuhan Covid meningkat dan menurunkan angka kematian,” ujar Wiku.

Ada beberapa aspek agar berhasil mengendalikan Covid-19, yaitu jumlah kasus dan kebutuhan perawatan yang semakin berkurang, mengidentifikasi sebagian besar kasus dan kontak masyarakat, dan indikator lainnya.

Wiku mengatakan bahwa keberhasilan penanganan Covid-19 di Indonesia saat ini masih belum mencapai sempurna.

Baca Juga:  Soal Kolam Retensi Margahayu Raya, Bambang Tirtoyuliono Bilang Begini

“Dapat kita simpulkan bahwa perjuangan pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Kita masih memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama kedepannya,” ucapnya.

Oleh karena itu, kerjasama pemerintah dan masyarakat dibutuhkan untuk menekan laju penularan virus Covid-19 sehingga Indonesia berhasil mengendalikan pandemi.

Penulis : Hilmi Ananda