Syaiful Huda Sebut Guru Honorer di Indonesia Masih Mendominasi Dibanding PNS

JABARNEWS | JAKARTA – Komisi X DPR RI Syaiful Huda yang berfokus pada sektor Pendidikan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyebut bahwa jumlah guru yang berstatus honorer masih sangat banyak dan perlu diperhatikan oleh pemerintah.

Hal tersebut dikatakan Syaiful Huda pada saat live streaming di Youtube, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertajuk ‘Merdeka Belajar Episode 7: Program Sekolah Penggerak’.

“Sebagaimana kita tahu, praktis di lapangan jumlah guru honorer sekolah-sekolah kita relatif lebih dominan dibanding dengan guru ASN atau PNS,” kata Syaiful Huda, Senin (1/2/2021).

Baca Juga:  Ketua Yayasan Al-Muhajirin Raih Gelar Doktor

“Karena itu, sambil berproses bersama pergerakan sekolah bergerak ini sekaligus harus dibarengi dengan secepat-cepatnya hemat kita untuk mensejahterakan guru menjadi sangat relevan untuk kita dorong penuntasannya,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Syaiful Huda mengupayakan agar guru-guru yang masih berstatus honorer bisa segera diangkat menjadi PNS. Maka dari itu, pihaknya membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk mengawal pengangkatan guru honorer menjadi PNS.

Baca Juga:  Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Polisi Tetapkan Bus PO Handoyo Sebagai Tersangka

“Hari ini kami memutuskan membentuk Panja Pengangkatan Guru Honorer Menjadi ASN untuk mengawal proses rencana pengangkatan sejuta honorer menjadi PPPK dan untuk menjamin skema CPNS bagi para guru tetap ada,” kata Syaiful Huda.

Sekedar informasi, berdasarkan data Dashboard GTK Kemendikbud, jumlah guru di Indonesia saat ini berjumlah; 1.520.354 guru yang berstatus PNS, 401.182 guru yang berstatus Guru Tetap Yayasan (GTY), 13.328 guru yang tidak tetap (GTT) provinsi dan 141.724 Guru yang berstatus GTT Kabupaten/Kota.

Baca Juga:  Asal Usul Nama Desa Simalas di Serdang Bedagai, Begini Legendanya

Sedangkan untuk Guru Bantu Pusat sebanyak 3.770, Guru Honor Sekolah sebanyak 704.503 dan lainnya sebanyak 121.378. Jadi secara keseluruhan di Indonesia ada sekitar 2.906.239 guru. (Red)