Kisah Dramatis Persib Bandung Di Balik Gelar Juara Tahun 1994-1995

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam melalui kompetisi Persib Bandung, merupakan salah satu tim yang sudah banyak memakan asam garaman nya kompetisi Liga Indonesia, tetapi dibalik itu semua Persib bandung merupakan tim peraih juara di era perserikatan edisi terakhir pada tahun 1993-1994.

Selain itu Persib Bandung juga merupakan klub pertama yang meraih trofi Liga Indonesia edisi Perdana pada tahun 1994-1995, Pada saat itu masih Gatot Prasetyo sebagai Kiper utama, bersama timnya ia saling bahu membahu berusaha untuk menjadikan persib sebagai juara.

Baca Juga:  Prediksi Susunan Pemain Timnas vs Yordania, Minggu Dinihari

Selama perjalanan untuk meraih gelar juara di kompetisi liga pertama itu Persib Bandung harus bertemu dengan Barito Putera, pertandingan tersebut merupakan pertandingan yang sangat alot. Pasalnya pada saat itu Barito Putera berisikan pemain-pemain lokal yang cukup hebat.

Tetapi hal tersebut bukan halangan bagi Maung Bandung untuk melangkah ke final, Laga tersebut berakhir dengan kemenangan Persib Bandung dengan skor yang begitu titip yaitu 1-0, goal tersebut dimasukan oleh Kekey Zakaria.

Dengan begitu Persib Bandung berhasil mendapatkan tiket ke babak final, di babak final persib harus dihadapkan dengan salah satu tim juara pada saat itu yang bernama Petrokimia Putera. Apalagi tim Petrokimia memiliki tiga pemain asing yang cukup tangguh diantaranya yaitu Carlos De Mello, Jacksen Tiago dan Darryl Sinerine.

Baca Juga:  Pengamat Nilai Bantuan Subsidi Gaji Pekerja Dapat Naikkan Stimulus Ekonomi

Laga final tersebut digelar di Kota Jakarta yaitu Stadion Gelora Bung Karno Senayan, pada tanggal 30 Juli 1995. Dalam laga tersebut ditonton oleh 90.000 orang yang diantaranya dominan suporter Persib Bandung yaitu Bobotoh.

Pertandingan tersebut berlangsung sangat seru, pasalnya dari kedua tim tersebut tidak mau mengalah satu sama lain sehingga babak pertama berakhir imbang 0-0 tanpa goal, tetapi memasuki babak kedua salah satu pemain Persib bernama Sutiono Lasmo berhasil membobol gawang Petrokimia Putra di menit ke-76.

Baca Juga:  KPU Kabupaten Tasik Temukan 1101 Susu Rusak

Hingga peluit panjang ditiup skor masih 1-0, hal ini menjadikan Persib Bandung sebagai juara di Liga tersebut. Dan menjadi tim pertama yang memegang trofi juara Liga Indonesia di edisi pertama pada tahun 1994-1995.

Penulis: Muhammad Amaludin