Makan Sewajarnya! Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak konsumsi Roti Tawar

JABARNEWS | BANDUNG – Olahan makanan berbahan dasar tepung yang satu ini sering dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Roti tawar biasanya dijumpai sebagai menu sarapan, tinggal dioles mentega atau selain, lalu dilahap.

Tak cuma itu, beberapa orang juga kerap menjadikan sajian roti tawar sebagai cemilan pengganjal lapar karena dipercaya bisa mengenyangkan perut. Tetapi, ternyata roti tawar juga bila dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak tidak baik terhadap kesehatan tubuh, diantaranya:

Pertama. berat badan naik drastis – Roti tawar putih termasuk olahan makanan yang minim nutrisi, rendah serat, tetapi tinggi kalori. Makan makanan yang seperti itu memungkinkan terjadinya penambahan berat badan. Oleh Sebab itu , tubuh kalian akan mencerna roti tersebut dengan cepat, dengan begitu kamu akan mudah merasa lapar lagi, sehingga jadi makan lebih banyak.

Baca Juga:  Kapolres Cirebon Kota Kunjungi Gereja

Kedua. Menambah Resiko Diabetes – Dalam roti putih terkandung banyak gula dan apabila dimakan terlalu banyak akan meningkatkan kadar gula darah. Ketika kadar gula darah melonjak, hal itu akan berdampak pada risiko penyakit diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

Baca Juga:  Banyak Hewan Kurban di Jakarta Dinyatakan Sakit

Ketiga. Perut terasa kembung – Tak hanya banyak gula roti tawar juga mengandung sodium yang terbilang tinggi. Rasa tak nyaman pada perut bisa terjadi dikarenakan konsumsi garam atau sodium yang berlebihan.

Keempat. Memicu Depresi – konsumsi roti dan nasi putih dapat meningkatkan risiko depresi pada wanita yang sudah memasuki masa menopause. Kerusakan hormon dapat terjadi akibat terlalu banyak makan roti tawar. Alhasil, hal itu akan berdampak pada perubahan suasana hati, kelelahan, dan beragam gejala depresi yang lainnya.

Baca Juga:  Produk Baru, Es Krim Susu Kecoak

Kelima. Merasa lebih lapar – Sebagian dari kita pasti sepakat kalau roti tawar putih adalah camilan praktis untuk mengganjal lapar. Namun, fakta mengatakan hal lain. Sebuah studi yang terbit dalam jurnal PLoS One menunjukkan bahwa indeks glikemik tinggi yang terdapat dalam roti tawar justru bisa meningkatkan rasa lapar.

Penulis: Muhammad Amaludin