Live Stream Bandung 132 TV


Ini Tanggapan Uu Ruzhanul Ulum Pasca Disahkan Perda Pesantren di Jabar

Setelah disahkan Perda Pesantren Ponpes berhak mendapatkan bantuan secara reguler dari pemerintah

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Humas Jabar)

JABARNEWS | TASIKMALAYA - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyambut baik penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan Pesantren menjadi Peraturan Daerah (Perda) Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jabar pada Senin (1/2/2021).

Sosok yang juga Panglima Santri Jabar ini mengatakan, Perda Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren --selanjutnya ditulis Perda Pesantren-- merupakan aspirasi warga Jabar di saat pondok pesantren (Ponpes), khususnya salafiyah, belum tersentuh kebijakan pemerintah yang bersifat reguler.

Baca Juga:

Pekerja Informal Di Jalan Kota Bandung, Dapat Bantuan Beras Paket 5kg

Bank Bjb Kembali Raih Penghargaan Prestisius Di Indonesia Financial Top Leader Award 2021



Selama ini, Ponpes salafiyah alias pesantren tradisional yang fokus mempelajari kitab kuning tidak mendapatkan atau sulit mendapatkan bantuan dari pemerintah karena tidak memiliki pendidikan formal.

"Maka salah satu solusi adalah Perda Pesantren. Jadi Ponpes berhak mendapatkan bantuan secara reguler dari pemerintah. Tidak menutup kemungkinan santri di Jabar dapat BOS," ucap Uu dalam keterangan resminya di Kota Tasikmalaya, Selasa (2/1/2021).

Ia menegaskan, Ponpes yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah ini harus benar-benar sesuai dengan aturan, yakni ada santri yang bermukim/mondok, ada kiai, ada pondok/asrama, ada masjid/mushola, serta terpenting mempelajari kitab kuning terkait di antaranya Al-Qur'an, hadits, fiqih, tauhid, tafsir, nahwu, sharaf, balaghah, dan lainnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Perda Pesantren Pondok Pesantren Gubernur Jabar Ridwan Kamil Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Ini Yang Akan Terjadi Jika Malas Ganti Celana Dalam Setelah Mandi

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi