Abu Gunung Sinabung Teramati Jelas, Warga Diminta Waspada

JABARNEWS | MEDAN – Guguran abu Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (2/2), teramati dengan jarak luncur 500 hingga 1.000 meter mengarah ke timur dan tenggara. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin, mengatakan aktivitas Gunung Sinabung teramati mengeluakan abu dan asap kawah.

Baca Juga:  Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 17 Agustus 2018

“Abu Gunung Sinabung jelas kelihatan. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100-200 meter di atas puncak kawah,” katanya, dilansir dari Republika, Selasa (2/2/2021).

Baca Juga:  Polisi Panggil Sejumlah Kades di Purwakarta Terkait Dana Hibah Kemenpora

Ia menyebutkan, cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah selatan dan barat. Suhu udara 19-26 derajat celcius.

Saat ini, Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).

Baca Juga:  Jangan Sampai Telat, Ini Ciri Talas Siap Panen

Warga maupun petani direkomendasikan tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi dalam radius 3 km dari puncak gunung. (Red)