Cegah Penularan Hingga Tingkatan Terkecil, Satgas Kembangkan Posko Daerah

JABARNEWS | JAKARTA – Satgas Covid-19 mengembangkan posko di daerah yang berfungsi untuk membantu pemerintah daerah melakukan pengawasan dan pelaksanaan PPKM.

Wiku Adisasmito mengatakan bahwa posko tersebut akan di sebarkan ke berbagai daerah secara nasional.

Posko ini akan dibentuk dan dikelola oleh satgas Covid-19 berkoordinasi dengan kementerian dan pemerintah daerah yang juga mencakup unsur dari TNI, Polri, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Baca Juga:  Tumbuh Kembang Bersama, Bank Bjb Selalu Posisikan Nasabah Sebagai Mitra Penting

“Fungsi prioritas ialah mendorong perubahan perilaku masyarakat agar patuh pada 3M, memberikan layanan masyarakat, menjadi pusat kendali informasi yang bisa langsung diteruskan ke pemerintah pusat dan menguatkan pelaksaanaan 3T di desa,” ucap Wiku pada Selasa (2/2/2021).

Baca Juga:  IPDN Dapat Bantuan Kendaraan Operasional dari Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik

Posko ini memiliki sistem kerja dengan kolaborasi, nanti akan ada petugas posko yang akan mengawasi pengawasan implementasi protokol kesehatan.

Selain itu juga petugas akan membantu tracing (pelacakan) dan memberikan informasi kepada masyarakat.

“Diharapkan petugas di wilayahnya masing-masing dapat membantu warga yang membutuhkan perawatan atau surat rujukan dari tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas setempat,” ujar Wiku.

Baca Juga:  Di Lokasi CFD, Polres Purwakarta Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Untuk posko tingkatan terbawah adalah desa/kelurahan akan di pimpin kepala desa/lurah dengan unsur pemerintah daerah, TNI, Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pihak setempat.

Dengan adanya posko tersebut diharapkan penularan Covid-19 ini dapat berkurang dan dapat dikendalikan bersama-sama oleh masyarakat.

Penulis : Hilmi Ananda