PMI Sukabumi Tekan Penyebaran Covid-19 Dengan Optimalisasikan Relawan SIBAT

JABARNEWS | SUKABUMI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jabar menerjunkan relawannya hingga di tingkat Kelurahan dalam upaya membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo dalam acara kegiatan sosialisasi program penguatan respons Covid-19 di tingkat masyarakat yang digelar di Aula Markas PMI Kota Sukabumi.

“Program Penguatan Respon Covid-19 ini melibatkan Relawan di tingkat Kelurahan sebagai upaya optimalisasi peran aktif relawan Siaga Bencana Berbasis Masyrakat (SIBAT) dalam pencegahan pandemi Covid-19 di lingkungannya,” ujar Suranto dalam keterangannya diterima Rabu (3/2/2021).

Baca Juga:  Pemkab Subang Jamin Pelayanan Kesehatan Masyarakat dengan KSS

Ia menambahkan bahwa dalam rangkaian kegiatan ini pihaknya mendapatkan dukungan dari USAID, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulang Sabit Merah (IFRC), dan PMI Pusat.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk pelibatan peran serta relawan aktif di masyarakat melalui berbagi kegiatan yang akan dilakukannya dilapangan diantaranya terkait sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) baik secara langsung dengan melalukan kunjungan dari rumah ke rumah maupun melalui media promosi KIE.

Baca Juga:  Masuk PPKM Level 2, PTM dan Objek Wisata di Cianjur Diizinkan Buka

Selain itu sambung Suranto, para relawan SIBAT juga akan melalukan penyemprotan disinfektan secara rutin di lingkungannya, distribusi tempat cuci tangan portable (wastafel), penyediaan alat pelindung diri (APD) untuk relawan yang bertugas, serta dukungan psikososial, dan paket bantuan PHBS untuk masyarakat yang terpapar atau sedang melaksanakan isolasi mandiri.

Dia menambahkan, beberapa implementasi lainnya yang akan dilakukan relawan SIBAT adalah melakukan pemantauan wilayah zona merah penyebaran Covid-19, surveilans berbasis masyarakat serta membuka layanan konsultasi hotline.

Baca Juga:  Tentang Viralnya Status Satpol PP Yang Anggap Buruh PT Dada Beringas, Ini Tanggapan Sekda Purwakarta

Suranto menjelaskan dalam pelaksanaan lokasi yang akan dijadikan percontohan dalam kegiatan ini untuk sementara di 2 Kelurahan yang meliputi Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kelurahan Cisarua serta Kecamatan Cikole.

“Dalam skema bantuannya melalui bantuan nontunai (BNT) untuk kelompok SIBAT Aktif yang sudah disalurkan melalui kemitraan dengan PT Pos Indonesia yang ada di Kota Sukabumi,” pungkas Suranto. (Red)