Lirik Potensi Budidaya Benur Lobster, DKP Jabar: Kita Siapkan Pilot Project

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Barat akan mengembangkan budidaya Benur Lobster di pesisir Pantai Selatan.

Kepala DKP Jabar Hermansyah mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung budidaya Benur Lobster. Pasalnya, lanjut dia, potensi Benur Lobster sangat melimpah sehingga dapat dilakukan budidaya dan kelebihannya diekspor.

“Kita setuju dengan budidaya. Dan memang aturan ini budidaya. Kalau memang mereka sudah budidaya kelebihannya itu baru ekspor,” kata Hermansyah di Bandung, Rabu (3/2/2021).

Baca Juga:  Budiman Tak Menyangka Disambut Puluhan Ribu Bobotoh

Akan tetapi, dia menyebut bahwa saat ini budidaya hanya dijadikan sebagai formalitas agar bisa mengekspor Benur Lobster.

“Cuman sekarang itu justru budidaya menjadi siasat saja menggugurkan kewajiban. Budidayanya pura-pura, biar bisa ekspor benur,” sebutnya.

Kendati demikian, Hermansyah mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan program untuk budidaya Benur Lobster yang rencananya dimulai pertengahan tahun 2021 di Sukabumi.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Pedagang Pasar Lelo Jalani Rapid Test

“Dan sekarang Insya Allah dalam tahun ini, sudah mengalokasikan satu unit untuk pilot project lobster. Ini akan benar-benar kita kawal untuk budidaya itu,” tutupnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa Indonesia berpotensi menjadi pusat Lobster dunia. ada fakta yang sangat istimewa yakni Indonesia memiliki wilayah yang strategis sebagai perangkap Lobster di alam.

Pada umumnya Lobster itu memijah atau bertelur di bumi bagian selatan yaitu Australia, kemudian benurnya terbawa oleh arus ke arah utara sampai akhirnya masuk ke perairan Indonesia di wilayah Timur Sumatera dan di Selatan pulau Jawa.

Baca Juga:  Pedagang Pasar Kaget di Serdang Bedagai Jalani Rapid Test Antigen

Sampai saat ini memang belum ada yang menghitung secara pasti berapa populasi atau stok Benur Lobster yang ada di perairan Indonesia. Tapi, lanjut dia, secara umum sekitar 4 miliar benur setiap tahun. (Red)