Live Stream Bandung 132 TV


Hasil SKB Tiga Menteri: Sekolah Negeri Harus Cabut Aturan Seragam Keagamaan

Pemerintah terbitkan keputusan bersama penggunaan pakaian seragam dan atribut bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan pada sekolah negeri.

Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: Webinar Kemendikbud).

JABARNEWS | JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Agama (Kemenag), menerbitkan Keputusan Bersama tentang Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Sekolah yang Diselenggarakan Pemerintah Daerah pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Keputusan ini merupakan wujud konkret komitmen pemerintah dalam menegakkan 'Bhinneka Tunggal Ika', membangun karakter toleransi di masyarakat dan menindak tegas praktik-praktik pada sektor pendidikan yang melanggar semangat kebangsaan tersebut.

Baca Juga:

Wujudkan Pendidikan Bermutu, SMM Buat Sekolah PAUD Gratis Secara Virtual

Haidir Anam, Kuli yang Tempuh Pendidikan Sekolah Calon Tamtama TNI AD



Dalam peluncuran yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (3/2/2021) di Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim menguraikan tiga hal penting yang menjadi pertimbangan dalam menyusun SKB tiga Menteri ini.

Pertama, bahwa sekolah memiliki peran penting dan tanggung jawab dalam menjaga eksistensi ideologi dan konsensus dasar bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika serta membangun dan memperkuat moderasi beragama dan toleransi atas keragaman agama yang dianut peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

“Kedua, sekolah berfungsi untuk membangun wawasan, sikap, dan karakter peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Serta membina dan memperkuat kerukunan antar umat beragama,” kata Nadiem.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Atribut Keagamaan Siswa Guru Sekolah Nadiem Makarim Mendagri Menag Kemendikbud Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Ini Tanggapan Menag Terhadap Kasus Joseph Paul Zhang

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi