Warga KBB Masih Abai Prokes, Bus Ngumbara pun Dikerahkan

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelar sosialisasi protokol kesehatan (prokes) ke daerah Padalarang dan Batujajar, Rabu (3/2/2021).  

Sosialisasi prokes digelar dengan menggunakan Bus Ngumbara dari titik pemberangkatan di Pos Wasdal Dinas Perhubungan (Dishub) KBB di Padalarang. 

Petugas Satgas Covid-19 terdiri atas unsur BPBD, Dishub, Satpol PP, TNI dan Polri memberikan imbauan melalui pengeras suara dari bus. 

Sekretaris Satgas Covid-19 KBB Duddy Prabowo menyatakan bahwa pemerintah bersama dengan unsur TNI/Polri terus mengingatkan masyarakat agar menerapkan prokes secara ketat. 

“Sekarang adalah hari ketujuh pelaksanaan PPKM tahap kedua dan kami terus tidak pernah bosan mengingatkan ke masyarakat untuk disiplin menerapkan prokes,” kata Duddy, Di sela kegiatan sosialisasi prokes.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 15 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Leo dan Virgo

Duddy mengakui, hingga kini masih banyak masyarakat yang abai menerapkan prokes. Di sepanjang jalan yang dilewati juga ditemukan sejumlah warga yang kedapatan tidak memakai masker. 

Padahal, Pemerintah Bandung Barat saat ini masih menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jilid II, di mana masyarakat ditekankan untuk memperketat prokes.

Kegiatan sosialisasi prokes juga dilakukan serentak di beberapa kecamatan di wilayah KBB dengan harapan dapat semakin menurunkan angka kasus Covid-19. 

Baca Juga:  Keren, di Kota Bandung Jelantah Rumah Tangga Bisa Jadi Uang, Begini Caranya

Apalagi, sekarang KBB sudah berada di  zona oranye yang awalnya zona merah. Artinya, kata Duddy, sudah mulai ada penurunan kasus Covid-19 dibandingkan periode sebelumnya. 

“Tingkat kepatuhan (prokes) di masyarakat harus diakui masih kurang, seperti tidak pakai masker, atau pakai tapi digantung di leher, itu kan tidak boleh,” katanya.

“Kami langsung tegur dan ingatkan secara persuasif, jika dipandang perlu Satpol PP akan mengambil langkah kedisiplinan,” sambung Duddy, yang juga menjabat sebagai Kepala Pelaksana BPBD KBB.

Kepala Dishub KBB Lukmanul Hakim menyebutkan, pihaknya sengaja menurunkan Bus Ngumbara untuk membantu Tim Satgas Covid-19 dalam melakukan sosialisasi prokes kepada masyarakat. 

Baca Juga:  Pakar Sebut Menurut UU, Gubernur Bisa Lantik Sekda Bandung

Meskipun bus tersebut ditujukan buat mendukung aktivitas kegiatan wisata, menurut Lukman, bus bantuan dari Pemprov Jabar itu pun bisa dioptimalkan untuk membantu sosialisasi prokes di tengah pandemi Covid-19.

“Kegiatan sosialisasi dengan Bus Ngumbara sudah dilakukan sejak dari PPKM pertama dan berlanjut sampai PPKM kedua ini,” kata Lukman.

“Kami bantu Tim Satgas Covid-19 untuk mengingatkan ke masyarakat memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” imbuhnya. (Yoy)