Bolehkah Bayi Tidur Pakai AC

JABARNEWS | BANDUNG – Kualitas tidur yang baik jadi salah satu faktor yang bisa menunjang tumbuh kembang bayi. Agar si kecil bisa tidur pulas dan nyaman, Anda harus memperhatikan beberapa hal, misalnya saja menentukan suhu ruangan yang sesuai.

Suhu ruangan yang panas bisa membuat bayi sulit tidur bahkan menjadi rewel. Kalau sudah begini, biasanya orang tua akan menyalakan AC untuk membuat anak bisa tidur dengan nyenyak.

Baca Juga:  Pemkot Bekasi Terus Dorong Ekonomi Warga Lewat Pariwisata

“Lingkungan panas memang bisa membuat bayi sulit tidur karena menyebabkan keringat berlebihan dan tidak nyaman,” kata dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Brawijaya, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K) dilansir dari laman Kumparan.com, Minggu (6/10/2019).

Tapi sebenarnya, bolehkah bayi tidur pakai AC? Apakah ada pengaruhnya pada kesehatan si kecil?

Baca Juga:  Elektabilitas Prabowo Subianto Ungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

dr. Bernie menjelaskan, boleh-boleh saja bayi tidur menggunakan AC untuk membuat udara sejuk.

“Pada keadaan seperti ini boleh saja menggunakan AC atau kipas angin,” kata dr. Bernie.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memasang alat pendingin di kamar tidur bayi.

Menurutnya, orang tua sebaiknya meletakkan AC tidak terlalu dekat dengan bayi dan suhu disesuaikan jangan terlalu dingin. Atur saja AC di suhu 25-27 derajat celsius, Moms.

Baca Juga:  Jangan Khawatir, Presiden Jokowi Sebut Indonesia Masih Kuat Berikan Subsidi ke Masyarakat

Selain itu, pastikan agar Anda membersihkan AC yang Anda gunakan di rumah secara rutin. Sebab saat sedang digunakan, AC membuat udara di sekitar menjadi lembap dan menyebabkan jamur tumbuh. Bila tidak dibersihkan dengan rutin maka jamur-jamur tersebut bisa menyebabkan masalah pernapasan. (Red)