Tiga Kali Lebih Beresiko Kena Covid-19, Wiku: Nakes Harus Divaksin Duluan

JABARNEWS | JAKARTA – Tenaga Kesehatan menjadi prioritas dalam vaksinasi Covid-19, hal ini karena nakes lebih dekat dengan pasien Covid-19, selain merawat, nakes juga berinteraksi langsung dengan pasien Covid-19, maka dari itu nakes didahulukan dalam vaksinasi Covid-19.

“Mengapa harus divaksin duluan, karena tenaga kesehatan ini adalah salah satu profesi yang berada terdepan, yang berinteraksi dengan pasien Covid-19,” ujar Wiku pada Kamis (4/2).

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Leo, Virgo dan Libra

Prof. Wiku adisasmito,juru bicara satgas Covid-19 mengatakan nakes beresiko terpapar Covid-19 tiga kali lebih besar dari pada masyarakat umum.

“Dan itu resikonya sangat tinggi. Bahkan, bisa sekitar tiga kali lipat untuk bisa terinfeksi jika dibandingkan orang secara umum,” ucap Wiku.

Baca Juga:  DPRD Jabar Optimis Target Sertifikasi Tanah Lahan Dapat Segera Terpenuhi

Wiku menyebutkan bahwa jika banyak tenaga kesehatan sudah menerima vaksinasi, hal ini akan mengurangi resiko penularan pada tenaga kesehatan dan masyarakat.

Vaksinasi di Indonesia sudah berjalan selama tiga pekan dan sebanyak 600 ribu tenaga kesehatan sudah di vaksinasi.

Wiku mengucapkan, vaksinasi tahap pertama pada tenaga kesehatan ini harus sukses, agar tenaga kesehatan dapat terlindungi secara optimal.

Baca Juga:  AMSI: Jurnalis Utamakan Keselamatan Saat Liput Covid-19

“Harus kita lindungi sebab inilah aset bangsa ke depan. Oleh karenanya kita harus pastikan program ini sukses untuk tenaga kesehatan. Karena itu adalah perlindungan bagi mereka dan perlindungan bagi masyarakat,” pungkas Wiku.

Penulis : Hilmi Ananda