Hidupkan Sektor Pariwisata, Disporaparbud Purwakarta Godok Hybrid Event

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dampak pandemi Covid-19 sangat memukul industri pariwisata di kabupaten Purwakarta. Saat ini, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta tengah menggodok konsep hybrid event.

“Kini, terjadi pergeseran tren yang memanfaatkan model digitalisasi yang disebut Hybrid Event,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Acep Yuli Mulya, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga:  Gagal Jadi KPU Jabar, 5 Calon Komisioner Lakukan Gugatan

Dijelaskannya, hybrid event merupakan sebuah konsep acara yang menggabungkan antara pertemuan secara fisik dan virtual. Diketahui, konsep acara semacam ini mulai banyak digunakan semenjak awal Pandemi Covid-19 sebagai upaya menghindari kerumunan yang berpotensi penyebaran virus.

“Hybrid event sedang kita kaji sebelum kemudian diterapkan pada event-event yang akan kami gelar nantinya,” jelas Acep.

Baca Juga:  Dasar Dukun Nakal, Minta Terapi Malah Digauli 

Ia menambahkan, hybrid event rencananya akan diimplementasikan pada Event Pemilihan Duta Wisata dan Ekraf pada Maret 2021 mendatang.

“Nantinya pada event tersebut dilakukan secara online melalui beberapa kanal media sosial milik dinas dan Pemkab Purwakarta seperti live facebook, youtube atau instagram,” jelasnya.

Adapun melalui offline pihaknya tetap menerapkan dengan mematuhi konsep event yang telah tercantum dalam panduan pelaksanaan event dengan melaksanakan Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf).

Baca Juga:  Pangandaran Tak Bisa Laksanakan Tes CPNS Mandiri

“Penerapan konsep ini bagian dari ikhtiar kami dalam menghidupkan pariwisata dalam era new normal,” pungkasnya.

Penulis: Gigin Ginanjar