Ibu Rumah Tangga Perhatikan Ini! Berikut Beberapa Kewajiban Seorang Istri

JABARNEWS | BANDUNG – Bersatu dalam sebuah ikatan pernikahan merupakan salah satu cara pemyempunaan iman kepada Allah SWT, oleh sebab itu Nabi Muhammad SAW mengajurkan bagi siapa saja umatnya untuk menikah.

Setelah menikah masing-masing dari istri dan suami memiliki kewajiban satu sama lain. Sesuai ajaran Islam, istri dan suami sama-sama harus saling menghormati terutama istri terhadap suami.

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber berikut beberapa kewajiban seorang istri terhadap seorang suami:

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca di Jawa Barat Hari Ini, Hujan Sepanjang Hari

Pertama. Taat Perintah Suami – Suami adalah imam (pemimpin) dalam rumah tangga dan istri sebagai makmumnya. Rasulullah saw, bersabda.

“Jika seorang wanita melaksanakan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya (kehormatan), dan menaati suaminya, maka akan dikatakan kepadanya, ‘Masuklah ke dalam surga dari pintu mana yang kamu kehendaki.” (HR. Thabrani dan Ibnu Majah).

Kedua. Mengelola Rumah Tangga Dengan baik – Seorang istri harus berusaha menciptakan suasana dan kondisi yang nyaman dalam rumah tangganya sehingga suami dapat melaksanakan kewajiban agama dan dunianya dengan baik.

Baca Juga:  Inilah Resiko Tidak Bayar Utang Online

Ketiga. Tidak Membuka Rahasia Suami – Seorang istri tidak dibenarkan membuka rahasia atau kejelekan yang ada pada diri suaminya, apalagi menyebarkannya. Istri yang shalehah tidak akan membuka dan menyebarkan rahasia tentang hubungannya dengan suaminya kepada siapa pun.

Keempat. Mencari Keridhoan Suami – Kewajiban istri terhadap suami selanjutnya adalah mencari kerelaan dan menghindari kemarahan suami. Kerelaaan atau keridhoan suami disebut sebagai tiket seorang istri untuk meraih kebahagiaan akhirat dan mendapat surga. Karena itu, seorang istri harus berusaha sebisa mungkin untuk mendapatkan kerelaan suami.

Baca Juga:  Ragam Manfaat Kentang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Kelima. bersyukur dan berdoa – Suami berkewajiban untuk mencari nafkah bagi istri dan anak-anaknya. Rasulullah saw pernah memperingatkan, “Allah tidak akan memperhatikan wanita yang tidak mau berterima kasih kepada suaminya, sementara dia masih membutuhkannya.” (HR. Hakim).

Penulis: Muhammad Amaludin