Satgas Covid-19: Vaksinasi dan Protokol Kesehatan Harus Dilakukan Seimbang

JABARNEWS | JAKARTA – Juru bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan vaksinasi tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan protokol kesehatan.

“Karenanya, upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini, tentunya tidak semata-mata menjadi satu-satunya upaya melindungi masyarakat dari penularan Covid-19,” ucap Wiku pada Kamis (4/2/2021) di Istana Kepresidenan Jakarta yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga:  Wabup Purwakarta Meresmikan Perumahan Royal Campaka

Upaya edukasi dan komunikasi kepada masyarakat harus dilakukan seimbang antara vaksinasi dan protokol kesehatan.

Wiku meminta untuk saat ini upaya pencegahan yang paling efektif adalah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kedepannya saya berharap setiap elemen masyarakat, baik pemerintah, akademisi, komunitas, penggiat usaha maupun media memiliki pola pikir yang lebih luas dan mendalam. Untuk menjalankan upaya penanganan Covid-19 secara lebih komprehensif demi penanganan kesehatan yang lebih signifikan ke arah yang lebih baik,” kata Wiku.

Baca Juga:  Strategi Komite Haji Saudi Turunkan Angka Kematian

Langkah penanganan Covid-19 ini harus didukung dari berbagai elemen, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar menekan banyak jumlah terinfeksi.

Baca Juga:  Mimpi Elon Musk Sebelum Mati: Bangun Pabrik Tesla di Mars, Itu Keren

Wiku mengungkapkan upaya ini harus didukung dengan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas agar dapat mendongkrak angka kesembuhan.

Hal ini akan menjadi sempurna jika vaksinasi dilakukan untuk mengurangi kerentanan terinfeksi, pengembangan keparahan gejala penyakit dan peluang penularan kepada orang lain.

Penulis : Hilmi Ananda