Baik Untuk Diet, Ini Manfaat Daun Singkong

JABARNEWS | BANDUNG – Singkong atau ketela merupakan tanaman umbi-umbian yang kerap dijadikan pengganti makanan pokok. Singkong mudah ditemui di pasaran dan banyak tumbuh di berbagai sudut Indonesia.

Singkong memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Namun tak hanya umbinya saja, daun singkong juga banyak diolah menjadi berbagai menu masakan mulai dari lalapan, hingga aneka sayuran daun singkong.

Selain menjadi santapan, banyak orang Indonesia juga memetik daun singkong untuk memelihara kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat daun singkong:

Baca Juga:  Guberbur NTB Puji Kinerja Gus Menteri, Begini Katanya

Pertama. Sumber tenaga – Kandungan berbagai macam protein atau asam amino esensial yang terdapat pada daun singkong adalah sumber tenaga atau energi yang bermanfaat untuk manusia. Zat asam amino esensial ini membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh dalam beraktivitas.

Kedua. Sumber antioksidan – Daun singkong menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik dalam mencegah serta membuang zat-zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Bahas Kurikulum Bahasa Sunda untuk Pendidikan Sekolah di Purwakarta

Ketiga. Regenerasi sel tubuh – Asam amino esensial yang terdapat dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan perbaikan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

Keempat. Mengatasi diare – Riset 2015 yang terbit di Journal of Ayurvedic and Integrative Medicine membuktikan ekstrak daun singkong juga dapat mengobati diare. Dari hasil uji coba, peneliti menemukan bahwa ekstrak daun singkong dapat memperlambat motilitas usus yang membantu mencegah diare.

Baca Juga:  Darma Wijaya Akan Promosikan Wisata Arung Jeram Serdang Bedagai ke Mancanegara

Kelima. Menu Diet – Manfaat daun singkong yang satu ini, pasti disetujui oleh banyak wanita. Daun Singkong sangat baik untuk seseorang yang sedang menjalankan diet. Selain dari kalorinya yang rendah, kandungan serat dan protein yang tinggi sangat ideal untuk menu diet sehat sehari-hari.

Penulis: Muhammad Amaludin