Nakes di Sukabumi Meninggal Dunia Akibat Covid-19, PPNI: Kita Kehilangan Pejuang

JABARNEWS | SUKABUMI – Salah seorang tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Sukabumi meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Diketahui, nakes tersebut bernama Soleh Gunawan, perawat di RS Kartika Cibadak.

Soleh Gunawan meninggal dunia dalam perawatan RS Fatmawati pada Kamis (4/1/2021) dan dimakamkan di TPU Pasirpanjang Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi sekitar pukul 13.45 WIB.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Masykur Alawi menyampaikan Soleh Gunawan sempat dirujuk dan meninggal di RS Fatmawati karena memiliki penyakit penyerta (komorbid) diabetes melitus.

“Almarhum dirujuk untuk mendapatkan penanganan lebih intensif. Almarhum meninggal di sana (RS Fatmawati),” kata Masykur dikutip dari sukabumiupdate.com, Jumat (5/1/2021).

Baca Juga:  Jelang Lebaran, Pegadaian Purwakarta Mulai Ramai di Datangi Warga

Dia mengungkapkan bahwa Soleh Gunawan selama ini sudah menunjukkan dedikasi dan komitmennya sebagai perawat garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dengan baik. “Kita kembali kehilangan pejuang garda terdepan,” ungkapnya.

Tak hanya Soleh Gunawan, berdasarkan data PPNI sudah dua perawat di Kabupaten Sukabumi yang meninggal akibat Covid-19. Dia menyebut, selama pandemi PPNI mencatat ada 65 perawat di Kabupaten Sukabumi terinfeksi Covid-19.

Masykur menyatakan bahwa saat ini menjaga imunitas sangat dibutuhkan agar para perawat tetap fit saat menjalani tugasnya. Selain itu, Dia meminta masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan karena Covid-19 adalah ancaman yang bisa dikendalikan dengan menjaga kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan.

Baca Juga:  BNPB Ingatkan Anggaran Bencana Gempa Cianjur Jangan Disalahgunakan

“Perang melawan Covid-19 belum berakhir. PPNI menghimbau kepada seluruh anggota untuk tetap semangat membaktikan diri merawat rakyat Indonesia, khususnya di Kabupaten Sukabumi. Tetap dengan protokol aman diri, lembaga dan lingkungan,” tutupnya.

Sementara itu, terkait prosesi pemakaman, menurut Kades Pasirpanjang Mamat Slamet, pemakaman Soleh Gunawan sesuai dengan protokol kesehatan dan pengawasan oleh satgas covid-19 Kecamatan Ciracap. “Ada Polsek, Koramil, dan satgas covid-19 Desa Pasirpanjang,” ucap Mamat.

Baca Juga:  Kondisi Terkini Ari Lasso Usai Kemoterapi: Saya Sudah Gundul

Sebelumnya, informasi Soleh Gunawan meninggal dunia akibat terkonfirmasi Covid-19 juga disampaikan pihak manajemen RS Kartika Cibadak lewat akun instagram @rs.kartikacibadak di instastory yang diupload pada Jumat (5/2/2021).

“Kami telah kehilangan seorang perawat yang sangat amat berprestasi yang dikarenakan oleh covid19. Beliau merupakan salah satu ketua regu pada penanganan covid19 di rawat inap 3a. Mohon bantuan doa dari teman2 kartikers ya,” tulisnya. (Red)