Pengunjung Kafe di Bandung Bakal Dites Covid-19 secara Acak

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung mewacanakan untuk melakukan tes antigen kepada pengunjung kafe guna melacak penyebaran COVID-19 di ruang publik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna di Bandung, Jumat mengatakan saat ini pihak Dinas Kesehatan masih membuat konsep serta jadwal pengetesan tersebut.

Selain pengunjung kafe, menurut Ema Sumarna, para pengunjung tempat hiburan pun akan menjadi sasaran tes antigen.

Baca Juga:  Pembangunan Bandara Sukabumi Butuh Lahan Seluas 150 Hektar

“Ini akan dicoba lakukan supaya kita bisa lebih optimal di dalam pemetaan dan mendapatkan data-data secara lebih jauh, lebih akurat dari situasi dan kondisi saat ini,” kata Ema, dikutip dari Antara, Jumat (5/2/2021).

Nantinya pengetesan tersebut akan dilakukan secara acak tanpa diketahui oleh sejumlah pemilik maupun pengelola sejumlah kafe dan tempat hiburan.

Sehingga ia berharap nantinya tidak ada tempat-tempat yang sengaja tutup untuk menghindari tes antigen itu.

Baca Juga:  Korban Longsor di Cibadak Sukabumi Mulai Sakit di Tenda Pengungsian, Ini Kata Mensos Risma

“Tempat pengambilan sampelnya nanti jangan diumumkan, biarkan saja, tapi jangan sampai nanti tempatnya tutup,” kata dia.

Menurutnya kafe dan tempat hiburan itu dipilih karena saat ini sejumlah sektor bisnis itu merupakan yang mendapat relaksasi selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) atau adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Sehingga, tempat tersebut sejauh ini menurutnya masih berpotensi terjadi kerumunan. Karena sektor-sektor lainnya ia pastikan sudah jarang kerumunan masyarakat.

Baca Juga:  Jelang HUT Bhayangkara ke-73, Polsek Cibatu Gelar Bakti Sosial

Selain itu, menurut dia, masyarakat Bandung memiliki budaya nongkrong atau ngopi, maka tak heran lokasi kafe dan tempat hiburan jarang sepi pengunjung.

“Kita tunggu kesiapannya, barusan baru dibicarakan saat rapat terbatas, saya yakin Kepala Dinas Kesehatan sekarang sedang mempersiapkan,” kata Ema. (Red)