Ridwan Kamil Imbau Warga Diam di Rumah saat Libur Imlek, Ini Alasannya

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau warga Jabar untuk diam di rumah saat libur panjang Tahun Baru Imlek. Imbauan ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan kepada para kepala daerah dalam rapat.

Ridwan Kamil khawatir akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 jika masyarakat bepergian atau berlibur. Mobilitas orang berpotensi menaikkan jumlah kasus sebaran Covid-19.

Baca Juga:  Ngeri, Di Karawang Ada Anak Kambing Terlahir Dengan Mata Satu

“Rumusnya sederhana lah, di mana ada pembukaan gerakan, kasus naik dan di mana ada pengetatan pergerakan, turun. Nah, libur panjang itu adalah pembukaan pelonggaran pergerakan, maka pasti kasus naik. Nah kami tidak mau mengulangi kasus naik karena ada pelonggaran pergerakan,” kata Ridwan Kamil dilansri Jabarnews dari Inews, Sabtu (6/2/2020)

Baca Juga:  Ridwan Kamil Pastikan Tol Cisumdawu sudah Bisa Dilalui Pemudik, Tapi Ada Syaratnya

Emil mengemukakan, telah menerima instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait libur panjang Imlek 2021. Pekan depan telah disepakati libur panjang Imlek, namun masyarakat diimbau agar berdiam diri di rumah.

Sebagai tindak lanjut intruksi Presiden tersebut, Emil pun bakal memasifkan komunikasi kepada warga Jabar agar tetap berdiam diri di rumah dan tidak melakukan aktivitas lintas kota atau provinsi.

Baca Juga:  Masuk Zona Merah, Cibatu Purwakarta Bentuk 3 Kampung Bebas Narkoba

“Libur panjang ini sudah disepakati. Arahan presiden sama. Di Jawa dan Bali libur panjang. Kami akan masif mengomunikasikan untuk di rumah saja, tidak usah ada pergerakan lintas kota dan wilayah. Kami berharap tidak ada kenaikan signifikan walaupun ada hari libur sebagai haknya mereka-mereka yang merayakan Imlek,” tutur Emil. (Red)