Penting Untuk Keselamatan! Berikut Beberapa cara Menghindar Dan Melawan Begal

JABARNEWS | BANDUNG – Begal merupakan sala satu cara kejahatan untuk merampas secara paksa kendaraan pada saat pengendara sedang berada di situasi sepi, biasanya begal banyak dilakukan pada malam hari.

Bahkan para pelaku pembegalan tidak segan untuk melakukan kekerasan berupa paksaan hingga di bunuh, hal tersebut tentunya sangat meresahkan warga apalagi bagi orang yang sering melakukan kegiatan pada malam hari.

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber kami berhasil merangkum cara menghindari dan melawan pelaku pembegalan. Diantaranya:

Baca Juga:  Eks Menag Lukman Hakim Sebut Gonggongan Tunda Pemilu Jauh Lebih Mengganggu Indonesia

Pertama. Bunyikan Klakson Sekeras Mungkin – Apabila kalian merasa sesuatu yang mencurigakan ketika sedang berkendara pada malam hari seperti diikuti oleh segerombolan orang, segera bunyikan klakson sekeras mungkin dan tanpa jeda. Hal tersebut tentunya dilakukan agar menarik perhatian orang lain atau warga sekitar.

Kedua. Hindari Berhenti di Tempat Sepi Saat Malam Hari – Pelaku begal biasanya melancarkan aksinya sekitar pukul 23.00 hingga 04.00 pagi dan mencari korban di tempat yang sepi. Oleh karena itu hindarilah bepergian pada malam hari dan usahakan tidak melewati jalan yang sepi.

Baca Juga:  Kemendagri Catat Sebanyak 431 Ribu Ormas di Indonesia

Ketiga. Bawa Alat Perlindungan Diri – Hal satu ini tidak kalah penting untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan ada baiknya kalian membawa senjata. Kalian cukup bawa penyemprot merica (pepper spray) atau alat kejut listrik (stun gun) di tas.

Keempat. Hindari Jalan Sepi – Sebisa mungkin hindari melewati jalan sepi jika harus pulang larut malam dengan menggunakan sepeda motor. Lebih baikcari alternative jalan lain yang cukup ramai. Tak masalah jika harus lebih jauh, hal ini tentu demi keselamatan diri dan menghindari begal tersebut.

Baca Juga:  Monitor Operasi, Luhut Minta Petugas Protokol Kesehatan Daerah Manfaatkan Aplikasi

Kelima. Hafalkan Pelat Motor Pelaku – ika sudah menjadi korban dan pelaku membawa senjata tajam, ada baiknya kalian tak melawan dan menyerahkan benda berharga yang mereka inginkan seperti smartphone. Tapi jangan lupa untuk mengenali ciri-ciri pelaku dan menghapal pelat kendaraannya.

Penulis: Muhammad Amaludin