Sampah Di Kali Cikarang Bekasi Laut Menumpuk, DLH: Ada Yang Mengkoordinir

JABARNEWS | BEKASI – Sampah menumpuk di atas lahan yang mengepung sisi Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL), Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menemukan alih fungsi lahan lahan yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno menyatakan, tumpukan sampah yang mengelilingi kali tersebut berada di Kecamatan Tambun Selatan dan Tambun Utara.

Pihaknya mengaku, telah menyurati pimpinan instansi daerah terkait ditemukannya sampah tidak terurus.

Baca Juga:  Demokrat Siapkan Tiga Nama Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil

Peno siap menggandeng kepolisian dan TNI untuk menindaklanjuti permasalahan sampah yang dikeluhkan warga itu.

“Kita akan melibatkan kepolisian dan TNI, karena kalau dilibatkan oleh DLH saja, kurang mampu lah kita,” ujarnya di Kabupaten Bekasi, Jumat (5/2/2021).

Peno menduga, sampah itu berasal dari oknum yang kerap mengelola sampah rumah tangga dari permukiman warga. Kendati begitu, ia mengaku masih akan mendalami lebih jauh lagi.

“Kelihatannya ada yang mengkoordinasi warga perumahan dan mengelola dan dibuang di situ. Tapi belum dapat dipastikan,” ujarnya.

Baca Juga:  Heboh! Usai Sunda Empire Kini Muncul Kesultanan Selaco di Tasikmalaya

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Dedi Supriyadi mengatakan, DLH sudah bersurat kepada instansinya untuk menindaklanjuti masalah tersebut.

“Baru mau dirapatkan lagi dengan Dinas LH, Dinas Bina marga PSDA, berdasar surat undangan dari DLH tinggal waktunya saja terkait TPA-TPA liar,” ujar Dedi.

Camat Tambun Selatan, Junaefi, menjelaskan, rencana pengangkutan sampah di Kali CBL itu sudah dibahas dalam musyarawah perencanaan pembangunan (Muserenbang) tingkat desa beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Penggiat Lingkungan Subang Galang Dana Peduli Lombok

Dia menilai, sampah berasal dari limbah rumah tangga. Junaefi memperkirakan tumpukan sampah di sisi Kali CBL Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tambun Selatan itu sudah ada sejak 2015 lalu.

“Musrenbang Desa Sumberjaya pekan lalu yang dihadiri oleh kabid bappeda dan dinas instansi lainya disampaikan usulan yang disampaikan oleh kades Sumberjaya untuk dilakukan penataan di lokasi tersebut. Sejak lama, kurang lebih enam tahunan,” ujar Junaefi. (Red)