Inilah Beberapa Makanan Dan Minuman Yang Baik Untuk Kesehatan Hati

JABARNEWS | BANDUNG – Liver atau hati adalah organ terbesar kedua di dalam tubuh manusia dengan ukuran kira-kira sebesar bola rugby dan memiliki dua bagian kanan dan kiri. Liver terletak di perut kanan atas tepat di bawah tulang rusuk.

Organ bagian hati merupakan salah satu bagian dalam tubuh yang sering terkena penyakit, oleh sebab itu kita harus bisa menjaga kesehatan dari bagian organ tersebut.

Dilansir dari beberapa sumber berikut makan dan minuman yang baik untuk kesehatan hati atau liver:

Baca Juga:  Jurnalis di Labuhanbatu Jadi Korban Pengeroyokan, Pelakunya Sebanyak 7 Orang

1. Sayuran Hijau – Kol atau brokoli mengandung unsur Isotiosianat yang ampuh mempengaruhi penyakit kronis seperti seperti sirosis hati. Selain itu sayuran hijau juga mengandung unsur yodium yang penting bagi kesehatan kelenjar getah bening yang berfungsi memicu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit.

2. Alpukat – Riset ilmiah di jepang membuktikan alpukat berpotensi dalam memblokir radang hati dan menekan risiko keracunan hati. Penelitian lebih lanjut juga menunjukan konsumsi alpukat dikombinasikan dengan makanan yang mengandung beta karoten membantu hati menyerap unsur Pro-vitamin A dan mengubahnya menjadi vitamin A.

Baca Juga:  94 orang Calon Jamaah Haji Asal Tebing Tinggi Diberangkatkan Menuju Tanah Suci

3. Minyak Zaitun – Minyak Zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi minyak zaitun bisa terhindar dari risiko timbunan lemak dalam hati yang akan mengganggu fungsinya. Disarankan juga untuk mengurangi konsumsi lemak serta minuman ringan berkadar gula tinggi.

Baca Juga:  Aktivitas Warga di Tingkat RW Kota Bandung Semakin Hidup

4. Bawang Putih – Selama ribuan tahun bawang putih sudah digunakan sebagai bahan obat-obatan yang ampuh menyembuhkan berbagai penyakit. Bawang putih memiliki efek membersihkan darah, bermanfaat bagi sistem pernafasan dan kini juga terindikasi memiliki efek melindungi hati.

5. Teh Hijau – Teh Hijau mengandung unsur Katekin yang berfungsi sebagai antioksidan. konsumsi minuman teh hijau dalam porsi rasional setiap hari terbukti mampu memelihara keseimbangan fungsi hati.

Penulis: Muhammad Amaludin