PDAM Kota Depok Gratiskan Pemasangan Sambungan Baru Air Bersih

JABARNEWS | DEPOK – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok menggratiskan pemasangan sambungan baru di rumah-rumah warga yang belum terairi air perusahaan plat merah tersebut.

Direktur Utama PDAM Tirta Asasta Kota Depok Muhmamad Holik Abdul Holik mengatakan tidak ada kriteria pasang koneksi baru jaringan air minum.

“Tidak dikutip biaya, terpenting jaringan air minum terkoneksi,” katanya, Minggu (7/2/2021).

Baca Juga:  Catat! Ini Nama Jalan Yang Disekat dan Ditutup di Kota Bandung

Ditegaskan Holik, target dari kegiatan ini adalah penambahan 31.000 jumlah sambungan baru.

“Penambahan 31.000 ini adalah untuk mendorong agar pencapaian 100.000 sambungan rumah pada 2025 bisa tercapai,” ujarnya.

Saat ini, Holik mengatakan, cakupan layanan PDAM Tirta Asasta baru mencapai 69.000. Target perpipaan PDAM Tirta Asasta 100.000, sehingga kekurangannya sekitar 31.000.

“Kekurangan tersebut diusahakan dengan program pasang gratis, program pasang gratis menyasar semua lapisan,” tegasnya.

Baca Juga:  Berikut Enam Sasaran Patriot Desa di Jabar untuk Membantu PLD

Menurut Holik, beberapa tahun terakhir ini, kurang dari 31.000 rumah warga yang belum teraliri air PDAM.Setelah dilakukan survei, ternyata mereka belum memasang air PDAM karena keberatan dengan biaya pemasangannya.

“Maka itulah, PDAM Tirra Asasta ingin memudahkannya dengan pasang gratis supaya seluruh warga Kota Depok mampu mendapatkan air bersih dan semuanya teraluri air PDAM Tirta Asasta,” tandas Holik.

Baca Juga:  Sepasang Astronot Pulang ke Bumi Saat Pandemi Corona

Ia menegaskan, pemasangan jaringan bebas biaya ini mendapatkan respon positif dari pemerintah daerah. Bahkan, ia mengaku Pemerintah Kota Depok sangat senang dengan terobosan baru itu.

Maka itu, Holik berharap warga melaporkan petugas PDAM kalau meminta imbalan jasa.

“Kalau ada petugas kami yang meminta uang pasang sambungan air catat dan laporkan, kita akan tindak bila perlu dipecat,” pungkasnya. (Red)