IndexPolitica: Elektabilitas Probowo Unggul, Ridwan Kamil Jauh Di Bawah Anies

JABARNEWS | BANDUNG – Lembaga survei IndexPolitica merilis hasil survei lapangan terkait persepsi publik pada elektabilitas calon presiden (capres) pada tahun 2024.

Dalam hasil survei yang dilakukan pada tanggal 18 hingga 28 januari 2021 tersebut nama Prabowo Subianto mendapat elektabilitas tertinggi diantara nama-nama lain.

Direktur Eksekutif IndexPolitica, Denny Charter menerangkan, survei yang dilakukan di 34 provinsi dengan sampel sebanyak 1.610 ini menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancara langsung dengan tingkat kepercayaan 95% dan toleransi kesalahan (margin of error) kurang-lebih 1,6%.

Baca Juga:  Soekirman Puji Suku Batak Desa Bakaran Batu Gigih Dalam Pertanian

Pertanyaan yang diberikan dalam survei tersebut, Denny menerangkan ada dua pertanyaan, yaitu pertama responden tidak diberi pilihan nama dan langsung menjawab spontan atau top of mind presiden yang diinginkan.

“Top of mind itu kalau kita tanya mereka jawab secara spontan, jika pemilihan presiden dilakukan hari ini, maka siapa capres yang dipilih. Tertinggi itu Prabowo,” ujar Direktur Eksekutif IndexPolitica, Denny Charter, dalam webinar, Minggu (7/2/2021).

Baca Juga:  Alhamdulillah, Anggota DPRD Jabar yang Terpapar COVID-19 Dinyatakan Sembuh

Saat responden diminta memberikan jawaban kata Denny, ada nama calon presiden baru muncul. Nama baru ini adalah Plt Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha.

“Menariknya ini di top of mind ada Giring Ganesha 0,3%,” katanya.

Sementara, nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dari hasil survei tersebut masih berada dibawah nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Secara persentase, Ridwan Kamil berada di angka 1,3%, sedangkan Anies Baswedan berada di angka 7,1%.

Secara rinci, berikut pertanyaan lengkap serta jawaban survei yang dilakukan IndexPolitica: ‘Jika pemilihan presiden dilakukan pada hari ini, maka siapakah presiden yang Bapak/Ibu/Saudara pilih?’

Baca Juga:  Puan Maharani: Pelantikan Presiden Sangat Krusial

Hasilnya sebagai berikut: Prabowo Subianto 14,9%, Anies Baswedan 7,1%, Sandiaga Uno 6,2%, Ganjar Pranowo 5,4%, Agus Harimurti Yudhoyono 5,1%, Gatot Nurmantyo 1,7%, Ridwan Kamil 1,3%, Tri Rismaharini 0,7%, Khofifah Indar Parawansyah 0,7%

Selanjutnya, Airlangga Hartarto 0,5%, Mahfud Md 0,5, Muhaimin Iskandar 0,3%, Giring Ganesha 0,3%, Lainnnya 9,1, Tidak tahu/jawab 46,2%. (Red)