Orang Gangguan Jiwa Meningkat, DPRD Jabar: Karena Kehilangan Pekerjaan dan Masalah Ekonomi

JABARNEWS | BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat mengungkapkan bahwa Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Jabar meningkat selama pandemi Covid-19. Hal tersebut dikarenakan kehilangan pekerjaan dan masalah ekonomi.

“Karena beberapa faktor seperti kehilangan pekerjaan, kehilangan keluarga dan masalah ekonomi,” kata Anggota komisi V DPRD Jabar Siti Muntamah di Bandung, Minggu (7/2/2021).

Baca Juga:  Motor Raib, Perempuan Paruh Baya Asal Medan pun Tewas Mengenaskan

Oleh karena itu, dia menyampaikan bahwa pembahasan mengenai persiapan pembangunan gedung untuk ODGJ yang semakin meningkat di Jabar seiring dengan adanya pandemi Covid-19. Menurutnya, pembangunan tersebut sangat dibutuhkan oleh ODGJ.

“Alhamdulillah , Pemerintah provinsi Jawa Barat akan membangun gedung untuk ODGJ di Jabar yang sesuai dengan kebutuhan Jawa Barat,” tuturnya.

Baca Juga:  Polres Purwakarta ajak Komunitas Gowes jadi Agen P4GN

Kendati demikian, dia menyebut, ada kekhawatiran terkait lahan. Dia menjelaskan, lahan tersebut ditakutkan tidak akan mencukupi kebutuhan yang ada di Jabar.

Ada beberapa catatan yang diberikan komisi V khususnya terkait dengan lahan yang dikhawatirkan tidak akan mencukupi kebutuhan yang ada di Jawa Barat,” jelasnya.

Baca Juga:  Warga Mulai Keluhkan Kepulan Asap Kebakaran Ban Bekas di Gunung Putri

Siti mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar harus menyiapkan anggaran yang besar untuk pembangunan gedung ODGJ. Supaya, lanjut dia, segala kebutuhan dapat terpenuhi.

“Untuk itu memang dibutuhkan anggaran yang tepat untuk bisa mengakomodir semua kebutuhan yang diperlukan,” tutupnya. (Red)