Live Stream Bandung 132 TV


Banjir Semakin Mengkhawatirkan, DPD RI Desak Pemda Lakukan Root Cause Analysis

Pemerintah harus melakukan pemetaan daerah bencana lengkap dengan langkah antisipasi.

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Dok. DPD RI).

JABARNEWS | JAKARTA - Keprihatinan disampaikan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti terhadap bencana banjir yang melanda sejumlah daerah. Terlebih, banjir di Semarang telah merenggut korban nyawa dan turut melumpuhkan bandara.

Menurut La Nyalla pemerintah daerah harus tanggap terhadap bencana, termasuk melakukan antisipasi serta mencari tahu penyebabnya. "Yang ada, pemerintah sering gagap dalam menangani masalah bencana," katanya, Minggu (7/2/2021).

Baca Juga:

Angka Kasus Covid-19 di Sergai Bedagai Kembali Naik Setelah Lebaran

Berikut Beberapa Produk Israel Yang Populer Di Indonesia



"Akibatnya bukan menyelesaikan masalah, justru menyisakan masalah lain dalam setiap penanganannya. Hal ini yang kembali terjadi di Kota Semarang. Bencana kembali datang dan memakan korban serta terdampak hingga ke Bandara," tambahnya.

Senator asal Jawa Timur ini mengatakan, pemerintah harus melakukan pemetaan daerah bencana lengkap dengan langkah antisipasi. "Kita berharap pemerintah daerah melakukan root cause analysis mengenai masalah banjir, root cause analysis adalah langkah menggali permasalahan secara menyeluruh mengenai banjir kemarin," terangnya.

Tidak itu saja, La Nyalla juga meminta Pemda mampu merumuskan analyze cause end effect relationship. "Harus dicari tahu mengapa banjir terjadi dan apa relasi yang didapatkan, hal ini harus dilakukan supaya semua menjadi evaluasi pembangunan kota dan ini juga bisa menjadi landasan bagi pemerintah daerah dalam menetapkan RTRW," ujarnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Banjir DPD RI La Nyalla Pemda Root Cause Analysis Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Berikut Tiga Cara Atasi Pola Tidur Yang Berantakan

Ini Pesan Bupati Cianjur Untuk Wisatawan Lokal Selama Libur Lebaran

Liburan Lebaran Di Tempat Wisata Leuwi Korsi Garut

Pendakian Ke Tempat Wisata TNGGP Ditutup, Ada Apa?

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi