Bendung Rentang Jatitujuh Majalengka Berstatus Siaga, Kemungkinan Terus Naik

JABARNEWS | BANDUNG – Hujan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Minggu (7/2/2021), membuat Bendung Rentang Jatitujuh berstatus awas.

Koordinator Lapangan Bendung Rentang, Dadi Supriyadi mengatakan terus naiknya debit air terjadi sejak Minggu sore tadi. Bahkan, alarm siaga di bendung rentang tersebut juga sempat bunyi akibat debit air terus naik.

Baca Juga:  Petani Ini Tewas Gara-gara Keracunan Pestisida

“Ini kemungkinan akan terus naik mengingat hujan masih terus terjadi,” ungkap Dedi, dalam keterangannya, Senin (8/2/2021).

Menurutnya, debit air di Bendung Rentang Jatitujuh terus meningkat. Pada pukul 00.00 WIB tadi, debit air mencapai angka 1.236,704 meter kubik per detik.

Jumlah itu merupakan debit air yang berasal dari saluran Sindupraja dengan 17,510 meter kubik per detik, saluran Cipelang 7,514 per detik dan saluran Cimanuk 1.211,680 per detik.

Baca Juga:  Galian Kabel Di Jalan Amir Machmud Cimahi Bikin Lalu Lintas Semrawut

Dadi menjelaskan, terus naiknya debit air terjadi sejak sore tadi. Kecepatan air bertambah begitu cepat mengingat hujan dengan intensitas tinggi terjadi selama sehari penuh.

“Waktu jam 21.00 WIB debitnya masih 1.043,302 meter kubik per detik dan statusnya masih siaga tapi ketika pukul 23.00 debit air sudah mencapai 1.200 meter kubik per detik jadi awas statusnya,” lanjutnya.

Baca Juga:  Kedekatan Pelajar dengan Prajurit TNI

Saat ini kondisi cuaca di sebagian wilayah Kabupaten Majalengka sendiri masih dilaporkan hujan dengan intensitas rendah.

“Cuaca di lokasi gerimis,” pungkas Dedi. (Red)