Waspadai Ini! Berikut Beberapa Gejala Penyakit TBC

JABARNEWS | BANDUNG – Tuberkulosis atau disingkat TBC merupakan salah satu penyakit menular yang menyerang bagian paru-paru, hal tersebut terjadi diakibatkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis.

Biasanya penyakit satu ini menular melalui udara seperti ketika orang yang terjangkit penyakit ini batuk dan bersin, maka orang sekitarnya bisa tertular oleh penyakit tersebut.

Bahkan bukan hanya itu saja, sebagaimana kalian ketahui bahwa penyakit satu ini hanya menyerang bagian paru-paru, tetapi kenyataanya penyakit TBC ini juga bisa menyerang kelenjar getah bening, ginjal, tulang belakang, otak dan saraf, sendi dan tulang.

Baca Juga:  Angklung & Celempung Sambut Gubernur Kim Di Gunung Tangkuban Parahu

Sungguh berbahaya bukan penyakit satu ini, oleh sebab itu kita harus jaga kesehatan serta ketahui gejala dari penyakit satu ini. Dilansir dari beberapa sumber ini gejalanya:

Pertama. Batuk Darah – Batuk darah merupakan salah satu gejala TBC, gejala satu ini merupakan salah satu gejala yang paling mudah untuk kita kenali. Oleh sebab itu apabila terjadi segera konsultasikan ke dokter.

Baca Juga:  Ratusan Orang di Karawang Alami Keracunan, Diduga Berasal dari Gas Pabrik

Kedua. Nyeri di Paru-paru – Gejala lainnya dari TBC yakni nyeri di paru-paru saat bernapas. Hal ini karena TBC merupakan penyakit yang menginfeksi paru-paru.

Ketiga. Berat Badan Turun – Berat badan turun terus-menerus, hal ini bisa menjadi penanda kamu terkena TBC. Penyebabnya adanya bakteri TB yang berkembang di dalam tubuh.

Baca Juga:  Ini Dia Makanan Sehat yang Ada di Drama Korea Menurut dr. Decsa Medika Hertanto

Keempat. Batuk Lebih Dari 3 Minggu – Gejala satu ini merupakan gejala paling umum dari TBC yaitu batuk secara terus-menerus selama lebih dari 21 hari. Apabila terjadi kepada kalian ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk mengantisipasinya.

Kelima. Nafsu Makan Berkurang – Tidak bernafsu untuk makan karena sakit yang tidak tertahankan, kamu pun pasti akan menjadi begitu. Karena itu tubuh kamu pun semakin kurus.

Penulis: Muhammad Amaludin