Inilah Beberapa Tradisi Yang Biasa Dilakukan Untuk Menyambut Imlek

JABARNEWS | BANDUNG – Pergantian tahun dalam kalender China sering kali menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Berbicara tentang tahun baru Imlek atau tahun baru China juga menjadi saat yang ditunggu oleh masyarakat Tionghoa.

Sebenarnya kata Imlek bukanlah nama dari perayaan tahun baru Tiongkok yang sebenarnya. Kata tersebut diambil dari Bahasa Hokien danbiasanya hanya diketahui dan digunakan oleh orang Indonesia. Di luar, perayaan ini lebih dikenal dengan nama Chinese New Year untuk orang-orang Barat, sedangkan orang Tiongkok menamainya Xin Jia.

Baca Juga:  Made: Kita Akan Berusaha Menangkan Pertandingan

Selain itu, Imlek juga terkenal dengan beberapa perayaan khasnya, dilansir dari beberapa sumber berikut tradisi khas sebelum imlek:

Pertama. Bersih-bersih Rumah – Bersih-bersih rumah merupakan salah satu tradisi yang sangat identik dengan perayaan Imlek. Kegiatan membersihkan rumah ini dilakukan sebelum perayaan Imlek datang. Pasalnya, ketika kamu membersihkannya saat Imlek justru dianggap mengusir keberuntungan yang datang pada hari tersebut.

Baca Juga:  Anggota DPRD dan Kadinkes Jabar Kunjungi Pesantren As-Syifa Khoeriyyah Subang

Kedua. Memasang Aksesoris Berwarna Merah – Warna merah menjadi warna yang tersebar di mana-mana saat Perayaan Imlek datang. Mulai dari pakaian sampai dekorasi rumah. Banyak baju dan ornamen berwarna merah yang terpampang dalam toko di pusat perbelanjaan.

Ketiga. Mendekor Rumah – Dengan cara mendekor rumah dengan berbagai jenis aksesoris khas Imlek yang berwarna merah dipercaya bisa membawa hoki, hal tersebut terjadi karena kepercayaan dari bangsa Tionghoa.

Baca Juga:  Jelang Gerhana Bulan Total, Waspadai Munculnya Penyakit

Keempat. Menyiapkan Menu Makanan Khas – Hari raya apapun akan terasa kurang lengkap jika tidak disajikan makanan wajib saat hari perayaan tersebut. Sama seperti biasanya saat menjelang perayaan Imlek, hidangan khas Imlek seperti kue keranjang dan jeruk menjadi makanan wajib yang ada saat Imlek.

Penulis: Muhammad Amaludin