Konsumsi Secukupnya! Berikut Dampak Negatif Terlalu Banyak Memakan Buah Tomat

JABARNEWS | BANDUNG – Tomat merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai di dapur, hal itu karena tomat banyak dijadikan campuran dalam menu masakan sehari-hari.

Selain itu, tomat juga memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh kita. Akan tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek negatif pada tubuh kita.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami berhasil merangkum beberapa dampak negatif dari tomat ketika dikonsumsi secara berlebihan:

Pertama. Diare – Tomat mentah rentan terhadap kontaminasi salmonella yang menyebabkan diare. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Perpustakaan Obat-obatan Nasional AS, menunjukkan ada tomat-tomat yang telah terkontaminasi di Newport dan menyebabkan wabah salmonella.

Baca Juga:  Berikut Tugas CNSA, Dugaan Temuan Puing Logam Milik China

Kedua. Perubahan warna kulit – Likopen yang ada pada tomat merupakan jenis pigmen karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi risiko kanker kardiovaskular. Tetapi, ketika tubuh terlalu banyak mengonsumsi tomat, banyak likopen yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan perubahan pada warna kulit.

Baca Juga:  Hendak Kabur Saat Diperiksa, Pelaku Curanmor Dihadiahi Timah Panas

Ketiga. Alergi – Buah tomat juga diketahui mengandung banyak histamin, senyawa yang dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang ancaman dari luar. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan senyawa ini dapat menimbulkan ruam dan menyebabkan reaksi alergi.

Keempat. Batu ginjal – Memakan buah tomat secara berlebihan juga dapat menyebabkan batu ginjal. Hal ini dikarenakan, kandungan buah tomat ini sangat kaya akan oksalat dan kalsium yang membuat buah tomat jadi sulit untuk diproses oleh sistem pencernaan tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak secara berlebihan.

Baca Juga:  Momen Lebaran, Pedagang Bunga di TPU Indramayu Alami Sepi Pembeli

Kelima. Iritasi usus – Kulit dan biji dari tomat yang mengiritasi, dapat menjadi salah satu penyebab sindrom iritasi usus besar. Jika terlalu banyak makan tomat berarti biji yang akan masuk ke dalam tubuh, dan biji-biji dari buah tomat ini dapat memiliki efek buruk pada usus besar.

Penulis: Muhammad Amaludin