Waspada Saat Lintasi Jalur Wanayasa Purwakarta, Musim Hujan Rawan Terjadi Hal ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Akhir-akhir ini hujan deras makin sering terjadi di wilayah Kabupaten Purwakarta. Bila di dataran rendah kondisi ini bisa menyebabkan banjir, di dataran tinggi kondisi serupa bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor.

Hal itulah yang rawan terjadi di Kecamatan Wanayasa yang sebagian besar wilayahnya berada di dataran tinggi.

Bahkan pada Minggu (7/8/2021) saja, terjadi tanah longsor dan rumpun bambu menghalangi jalan Desa Simpang menuju arah Desa Sakambang, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta setelah hujan mengguyur kawasan itu sepanjang hari.

Baca Juga:  Bertemu Ojol Viral Beri Pakaian ke ODGJ, Dedi Mulyadi: Malu, Seharusnya Aparat

Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Kapolsek Wanayasa, AKP Darmaji mengatakan, kejadian longsor yang terjadi pada kemarin, akibat hujan deras sepanjang hari menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang menghalangi jalan desa Simpang arah desa sakambang.

“Alhamdulillah tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu dan kemarin juga jalan tersebut sudah biasa dilalui kembali kendaraan,” ungkap Darmaji, saat dihubungi melalui telepon selulernya pada Senin (8/2/2021).

Baca Juga:  Polda Jateng Pastikan Pemadaman Listrik Bukan Sabotase

Kendati demikian, kewaspadaan tetap harus diperhatikan, mengingat intensitas hujan yang tinggi di kawasan Wanayasa rentan memicu longsor, termasuk pohon tumbang.

“Di musim hujan seperti saat ini, kami meminta masyarakat turut waspada dan mengantisipasi bencana longsor dan pohon tumbang yang kerap melanda di musim,” ungkapnya.

Pihaknya, kata Darmaji, juga akan mengingatkan para warga melalui babinkamtibmas.

“Waspada dalam artian kesiapsiagaan untuk menghadapi apabila terjadi  tanah longsor, yang terjadi harus di mitigasi. Diberi pengetahuan, pemahaman bahwa mereka harus siap-siap menghadapi.Bukan menakut-nakuti. Ini adalah mitigasi, memberitahu bagaimana menghadapi bencana,” pesan Darmaji.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Kabupaten Karawang Kembali Ditutup, Ini Alasannya

Kapolsek Wanayasa mengimbau kepada para pengendara yang melintas jalur kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta agar tetap berwaspada terlebih ketika hujan deras menguyur wilayah tersebut. Tak menutup kemungkinan longsor ataupun pohon tumbang bisa terjadi.

“Saat hujan dikhawatirkan daya cengkeram batu dan tanah lemah. Sehingga membuat pohon tumbang dan terjadi longsor,” papar Darmaji. (Gin)