Cimahi Terendam Banjir, Diduga Karena Sungai Cihujung Meluap

JABARNEWS | CIMAHI – Hujan deras yang mengguyur sejak Minggu (7/2/2021) sore membuat Sungai Cihujung meluap hingga menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Cimahi, Senin (8/2/2021).

Salah satu titik yang terendam banjir akibat luapan sungai tersebut adalah Jalan Raya Manjung, RT 04/13, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Selain jalan raya, luapan sungai setelah diguyur hujan semalam itu mengakibatkan sebuah kontrakan terendam banjir sekitar 2 meter. Selain itu, kawasan permukiman di RT 01/11, Kelurahan Utama juga sempat terendam banjir dengan ketinggian 70 cm.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak, Untuk Gemini, Cancer dan Virgo Hari ini

Berdasarkan pantauan pada Senin (8/2/2021) hingga pukul 09.30 WIB air yang menutupi Jalan Raya nanjung belum surut dengan ketinggian sekitar 30 centimeter. Jalan tersebut merupakan akses utama dari Kota Cimahi menuju Margaasih, Kabupaten Bandung maupun sebaliknya.

Kondisi tersebut membuat akses lalu lintas sempat terputus. Awalnya kendaraan berpikir dua kali untuk melintas lantaran takut mogok, hingga akhirnya memaksakan untuk melintas. Kemacetan pun tak bisa dihindari lagi.

Sementara sebuah kontrakan yang tepat berada di samping Jalan Raya Nanjung masih terendam banjir, dengan menyisakan setinggi dada orang dewasa. Kontrakan tersebut dihuni 5 penyewa kontrakan.

Baca Juga:  Tabrak Truk di Cipali, Sopir dan Penumpang Tewas

“Hujannya sejak kemarin, malam itu ketinggian kalau di kontrakan udah selutut. Kemudian makin tinggi sampai 2 meter,” ujar Yayat (42), penjaga kontrakan, Senin (8/2/2021).

Semua barang-barang yang berada di kontrakan tersebut seperti barang-barang elektronik, kasur dan sebagainya ikut terendam.

“Motor juga ada yang terendam. Kalau yang ngontak kebetulan lagi pada kerja,” tuturnya.

Joni Rahmat, salah seorang petugas Kelurahan Utama mengatakan, banjir yang terjadi di wilayahnya dikarenakan Sungai Cihujung meluap hingga menyebabkan permukiman dan jalan raya terendam.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Keuangan 19 Mei 2022, Pemilik Rasi Bintang Aquarius dan Pisces

“Hujan deras dari semalam dan kelihatan akan banjir karena sungai sudah meluap. Yang terdampak itu ada jalan penghubung dan rumah warga karena posisinya di posisi terendah aliran sungai,” bebernya.

Berdasarkan hasil assesment terang Joni, di RT 04/13 ada 4 bangunan rumah dan 1 pabrik serta jalan yang terendam. Sementara di RT 01/11 ada sekitar 10 rumah yang sempat terendam banjir.

“Tapi sekarang mulai surut. Kalau hujan lagi yang kemungkinan naik lagi,” ujarnya.

Sumber: Suara.com