Ajaib! Ridwan Kamil Ngantor di Karawang, Zona Merah Sisa Kota Bogor

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa kini Jabar hanya memiliki satu daerah zona merah Covid-19, yakni Kota Bogor. 

Hal ini adalah kali pertama sejak kasus Covid-19 mencapai puncaknya di Jabar dalam 11 bulan terakhir. Sementara tujuh daerah lain yang asalnya zona merah kini telah beranjak ke zona oranye atau risiko sedang. 

Ketujuh daerah yang mengalami perbaikan yakni Kabupaten Bogor, Garut, Ciamis, Indramayu, Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Cirebon.

Baca Juga:  Membaca Peluang Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar, Terganjal Ridwan Kamil?

Ketujuh daerah tersebut bergabung bersama 15 daerah lain yang tetap di zona oranye, salah satunya daerah di kawasan Bandung Raya. 

Sementara zona hijau atau risiko rendah yang tadinya hanya satu yakni Kabupaten Majalengka, bertambah tiga masing- masing Kabupaten Sumedang, Subang, dan Kabupaten Sukabumi.

“Untuk pertama kalinya zona merah tinggal satu yaitu Kota Bogor. Pak Bima Arya sekarang sedang bergelut dengan kebijakan-kebijakan pengetatan,” kata Kang Emil di Makodam III Siliwangi, Bandung, Senin (8/2/2021).

Baca Juga:  AKD Turut Berperan Dalam Kinerja Anggota DPRD

Dia merasa lega karena Kabupaten Karawang yang selama tujuh pekan terjerembab di zona merah, kini sudah ada di zona oranye. Aktivitas ‘ngantornya’ di Karawang beberapa waktu lalu membuahkan hasil.

“Dan sesuai prediksi kedatangan kami ke Karawang minggu kemarin untuk melakukan perbaikan-perbaikan, akhirnya minggu ini kondisinya membaik ke zona oranye setelah tujuh minggu berturut-turut di zona merah,” ujarnya.

Baca Juga:  Konsumsi Apel Setiap Hari, Ini Segudang Manfaat Bagi Tubuh Kamu

Selain perbaikan dalam zonasi, tingkat kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan juga terus membaik. Menurut Kang Emil, minggu ini tingkat kepatuhan memakai masker sebesar 85,4 persen dan menjaga jarak 83,8 persen.

Rangking tingkat kepatuhan tertinggi memakai masker minggu ini adalah Kabupaten Bandung dan terendah Kabupaten Pangandaran. 

“Untuk rangking pertama kepatuhan menjaga jarak yaitu masih Kabupaten Bandung dan yang paling rendah Kabupaten Garut,” tutupnya. (Red)