Waspada Potensi Bencana, BMKG: Cuaca Ekstrem di Jabar Hingga Tiga Hari Mendatang

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan potensi bencana akibat cuaca buruk.

BMKG memprakirakan cuaca ekstrem yang melanda hampir di seluruh wilayah Jawa Barat diprediksi akan terus terjadi hingga tiga hari mendatang.

BMKG Bandung memprediksi untuk tiga hari mendatang seluruh wilayah Jawa Barat akan berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Hal tersebut memicu bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

Baca Juga:  Usul Untuk Pemilik Gergaji Mesin, Dedi Mulyadi: Harus Berizin Seperti Senpi

Daerah yang diprediksi terdampak banjir dan banjir bandang akibat cuaca ekstrim yaitu, daerah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Sukabumi dan Cianjur. Sedangkan daerah yang rawan longsor berada di Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Garut.

Baca Juga:  BOR di Kota Bandung Capai 12.14 Persen, Ema Suherma: Tak Ada Klaster Sekolah

Menurut Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu cuaca ekstrim ini diakibatkan oleh pertemuan arah angin dari Asia dan Australia yang membentuk anomali penguatan arah angin, sehingga membentuk curah hujan yang cukup tinggi di Jawa Barat.

Baca Juga:  Juda Agung Tinggalkan Jabar, Jabat Direktur Eksekutif Di IMF

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dengan cuaca ekstrem yang melanda Jawa Barat pada tiga hari mendatang,” jelasnya. (Red)