Penting Untuk Kesehatan! Berikut Beberapa Manfaat Donor Darah

JABARNEWS | BANDUNG – Donor darah biasanya dilaksanakan sebagai kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu antar sesama yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Namun, bila ditelisik dari segi kesehatan ternyata mendonorkan darah tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya. Akan tetapi, kita sebagai pendonor juga bisa mendapatkan manfaat besar bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber berikut manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh pendonor:

Baca Juga:  Dedi Mulyadi: Bulog Jadi Lembaga Bisnis, Mustahil Dapat Untung

Pertama. Menurunkan Kolesterol – Donor darah dapat membantu menurunkan kekentalan darah. Dengan cara tersebut diperacaya dapat mengurangi kekentalan darah, hal ini dapat pula membantu menurunkan kolesterol. Kolesterol yang meningkat dapat membuat sumbatan di peredaran darah.

Kedua. Merawat Kesehatan Organ Hati – Kelebihan zat besi juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada organ hati. Kandungan zat besi yang berlebih dapat menjadi pemicu terjadinya beberapa penyakit salah satunya hepatitis C.

Baca Juga:  Kab. Bandung Dan Kab. Garut Diguncang Gempa 3,1 SR

Ketiga. Menurunkan Risiko Kanker – Donor darah dapat mengurangi zat besi yang berlebih dalam tubuh. Kandungan zat besi dalam darah yang berlebih dianggap menjadi salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh. Hal tersebut bisa menjadi faktor risiko terjadinya kanker.

Keempat. Membuat Pikiran lebih stabil – Dengan mendonorkan darah, dapat membuat kalian merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat membantu sesama serta dipercaya membuat damai dengan tubuh sendiri secara Psikologis.

Baca Juga:  Menteri Rini Tunjuk Seger Budiarjo Sebgai Plt Dirut PTPN III

Kelima. Mengurangi penyakit jantung – Salah satu manfaat kesehatan dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat. Dengan melakukan donor darah, otomatis sirkulasi darah Anda akan menjadi lebih baik.

Penulis: Muhammad Amaludin