Tingkatkan Kualitas Wartawan, PWI Kota Bandung Jalin Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan apresiasinya terhadap peran aktif wartawan di kota Bandung dalam menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat. Khususnya, kata dia, dalam membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

“Saya pun merasa bangga, keluarga besar PWI kota Bandung sangat aktif dalam penyebaran informasi dan pendidikan terkait pandemi, yang mudah-mudahan konsisten hingga persoalan ini benar-benar tuntas,” kata Yana saat menghadiri acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 secara daring di Balai Kota, Selasa (9/2/2021).

Diketahui, Hari Pers Nasional Tahun 2021 yang dilaksanakan di masa pandemi ini mengusung tema ‘Bangkit dari pandemi, Pers sebagai akselerator perubahan’. Dengan tema tersebut, Yana pun berharap peringatan HPN tahun ini dapat menjadi momentum penguatan peran dan konsistensi wartawan dalam membantu mengatasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Ini Titik Penyekatan dan Pengetatan Pengawasan Pemudik di Bandung Barat

Salah satunya, lanjut Yana dengan menyebarkan informasi yang menyeluruh tentang pandemi dan selalu mengajak masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan. “Peringatan HPN 2021 harus menjadi momentum penguatan peran dan konsistensi wartawan dalam membantu mengatasi penyebaran virus corona, agar kehidupan warga kembali pulih seperti sedia kala,” ucapnya.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca di Bandung Raya Ahad 12 Maret 2023, Begini Penjelasan BMKG

Di tempat yang sama, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung Hardiansyah mengimbau kepada seluruh wartawan di Kota Bandung untuk dapat mewujudkan misi organisasi melalui pemberitaan yang berimbang, berintegritas dan edukatif. Sehingga, sambung dia, dapat memberikan kontribusi dalam membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“HPN 2021 dilaksanakan di masa pandemi diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengelola demokrasi di Indonesia dan membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi,” ujar Hardiansyah.

Pada peringatan HPN ini pun dilaksanakan penandatanganan MoU antara PWI Kota Bandung dengan Univeristas Sangga Buana dan Sekolah Tinggi Agama Islam Persis Indonesia, terkait beasiswa untuk wartawan dan keluarganya.

Baca Juga:  Iwan Fals Gelar Konser Karya Semesta, Yuk Catat Tanggalnya

Melalui kerja sama ini, diharapkan para wartawan kota Bandung bisa menimba ilmu dan menghasilkan wartawan yang profesional khususnya dalam menyampaikan program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

“Kolaborasi ini untuk meng-upgrade ilmu teman-teman wartawan sehingga keluarga PWI Kota Bandung yang ingin mendapatkan tambahan ilmu bisa berkuliah di 2 perguruan tinggi ini secara gratis,” tutupnya. (Red)