Waduh! Dalam Sehari, Limbah Sampah Medis di RSHS Bandung Capai 900 Kilogram

JABARNEWS | BANDUNG – Limbah Sampah Medis (Limbah B3) Covid-19 dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung per Januari 2021 setiap harinya rata-rata mencapai 900 Kilogram. Sampah tersebut didominasi masker dan APD sebagai kebutuhan wajib untuk mengatasi pandemi.

Sanitarian Ahli Pertama dari RSUP Hasan Sadikin Bandung Chandra Ardy Firdaus mengatakan untuk keseluruhan limbah yang dihasilkan RSHS per Januari 2021 sebanyak 2.029 Kilogram. “Kurang lebih 900 Kilogram sampah Covid-19 perharinya,” kata Chandra di RSHS Bandung, Jalan Pasteur Kota Bandung, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga:  Praktek Pergeseran Perolehan Suara Diwaspadai Bawaslu

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi penumpukan serta penyebaran Covid-19 dari limbah kepada manusia, pihak RSHS menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk limbah yang disimpan ke ruang penyimpanan. Menurutnya, penanganan limbahnya di RSHS telah dipilah mana medis mana non medis, treatment khusus diberikan mulai dari tempat sampahnya khusus, wadahnya dipisah dari sampah lainnya (plastik kuning).

Baca Juga:  Jalan Mahar Martanegara Cimahi Licin Dan Rawan Kecelakaan

“Ketika proses pembuangan baik sebelum dan sesudah selalu di semprotkan disinfektan guna meminimalisir berbagai potensi yang mungkin terjadi, bahkan sebelum diangkut pun dilakukan penyemprotan,” jelasnya.

Chandra pun mengingatkan kepada masyarakat, untuk tidak asal dalam membuang masker yang dikenakan. Dia menyebut, ada cara khusus agar APD yang hendak digunakan kembali atau pun dibuang dapat lebih aman.

Baca Juga:  Kota Cirebon Genjot Kawasan Tanpa Asap Rokok Di Rumah

“Caranya bisa dengan mencuci dulu masker yang mau di buang atau pun digunakan kembali dengan desinfektan atau bisa juga dengan cairan yang mengandung Klorin seperti pemutih pakaian,” ucapnya.

“Tujuannya untuk membunuh virus dan bakteri yang tertempel di masker, agar lebih aman ketika hendak dibuang ataupun digunakan kembali,” tutupnya. (Red)