Korsleting Listrik Bisa Sebabkan Kebakaran, Cegah Dengan Cara ini!

JABARNEWS | BANDUNG – Listrik saat ini merupakan kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat Indonesia, pasalnya saat ini banyak teknologi membutuhkan daya listrik seperti Penanak Nasi, TV, Mesin Cuci dan masih banyak lagi.

Hal tersebut, terbukti bisa mempermudah pekerjaan dan mempersingkat waktu. Jadi tak heran bila listrik merupakan kebutuhan setiap manusia di era milenial ini.

Akan tetapi listrik juga memiliki dampak negatif, itu terjadi apabila terjadi masalah seperti konslet. Hal tersebut bahkan bisa menyebabkan kebakaran. Oleh sebab itu, dilansir dari beberapa sumber. Berikut cara pencegahan konslet pada listrik:

Baca Juga:  Diduga Perkosa Anak Tiri, Oknum Polisi di Cirebon Terancam Penjara Lebih 15 Tahun

Pertama. Gunakan alat listrik yang memenuhi standar – Agar tidak terjadinya korsleting listrik, maka ada baiknya kalian menggunakan berbagai peralatan listrik, memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kedua. Jangan tumpuk colokan listrik terlalu banyak – apabila Anda menumpuk steker tersebut dalam satu terminal listrik, maka dikhawatirkan akan menimbulkan suatu kondisi panas yang berasal dari aliran listrik, lalu panas tersebut justru akan terperangkap, dan tentunya akan menyebabkan korsleting listrik.

Baca Juga:  Polres Serdang Bedagai Salurkan Ratusan Karung Beras Untuk Korban Banjir

Ketiga. Selalu lakukan pengecekan instalasi listrik – Hal ini menjadi hal penting yang harus dilakukan, karena kondisi lingkungan terkadang membuat alat-alat instalasi listrik tersebut menjadi rusak. Seperti, mengelupasnya lapisan pembungkus kabel karena digigit oleh tikus.

Baca Juga:  Polisi Amankan 14 Paket Sabu dari Seorang Pemuda di Tebing Tinggi

Keempat. Cabut alat elektronik yang sedang tidak digunakan – Apabila alat elektronik kalian sudah tidak digunakan ada baik nya kalian mencabutnya. Jika kalian tidak mencabutnya akibatnya arus listrik akan menjadi tidak stabil dan semakin berisiko tinggi mengalami korsleting.

Kelima. Jauhkan dari sumber percikan air – Hal ini merupakan cara yang harus benar-benar diperhatikan, karena air sangat mungkin memicu terjadinya konsleting pada listrik. 

Penulis: Muhammad Amaludin