Gus Menteri Minta Kepala Desa Terlibat Aktif dalam Pencegahan Karhutla

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar alias Gus Menteri meminta kepala desa di seluruh Indonesia agar terlibat aktif dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Gus Menteri menjelaskan, kepala desa dapat merujuk pada SDGs Desa yang menjadi acuan penggunaan dana desa di mana di dalamnya terdapat poin-poin yang peduli lingkungan.

Baca Juga:  Sampaikan Duka Cita, Ini Statemen Manajemen PT PBB

“SDGs Desa bisa dijadikan rujukan bagi kepala desa,” tegas Gus Menteri saat mengikuti Rapat Koordinasi Khusus Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga:  Target Vaksinasi Kota Bandung Terlampaui, Yana: Ini Peran Semua Pihak

Gus Menteri menjelaskan, setidaknya di dalam SDGs Desa terdapat tiga poin yang berkaitan langsung dengan lingkungan maupun hutan yakni perubahan iklim desa, peduli lingkungan desa, kawasan permukiman desa aman dan nyaman.

Menurut Gus Menteri, saat ini pihaknya akan melaksanakan pendampingan khusus terhadap para kepala desa berkaitan dengan pemanfaatan dana desa untuk penanggulangan kebakaran.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif CEO Gentong Geulis, Ita Sumanti Raih Banyak Penghargaan

“Kementerian Desa PDTT siap melakukan pendampingan dan utamanya terkait dengan pemanfaatan dana untuk pencegahan kebakaran hutan,” kata Gus Menteri. (Red)