Wujudkan Pelayanan Publik Yang Baik, Jokowi: Masyarakat Harus Tetap Menyampaikan Kritik

JABARNEWS | JAKARTA – Masyarakat diminta Presiden Joko Widodo untuk terus menyampaikan kritik terhadap pembangunan atau kinerja pemerintah dengan alasan untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik.

Pernyataan tersebut disampaikan presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di Laporan Akhir Tahun Ombudsman RI.

“Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik masukan ataupun potensi maladministrasi dan para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus meningkatkan upaya-upaya perbaikan-perbaikan,” kata Jokowi dilansir dari Tempo.co, Senin (8/2/2021).

Kritik yang disampaikan masyarakat kata Jokowi, salah satunya bisa disampaikan melalui Ombudsman RI. Hal ini karena ia menyadari banyaknya capaian yang memerlukan perbaikan dengan keterlibatan saran dari masyarakat.

Baca Juga:  Duh! Begal Sadis di Kota Bogor Kembali Beraksi, Korban Alami Luka Parah

“Catatan ini sangat penting untuk mendorong peningkatan standar kualitas pelayanan publik di masa yang akan datang,” kata Jokowi.

Pelayanan publik di tengah pandemi Covid-19 kata Jokowi, diharuskan untuk melakukan transformasi serta pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat harus dengan dasar kesadaran bahwa pada saat pandemi Covid-19 sekarang ini perlu adanya inovasi dan terobosan baru dalam melakukan pelayanan publik.

Baca Juga:  Bantu Korban Banjir, Polres Sergai Ingatkan Masyarakat Patuhi 3M

Selain itu, Jokowi menekankan, dalam situasi genting akibat pandemi sekarang ini, masyarakat harus mendapatkan pelayanan publik yang cepat dan efektif. Pelayanan yang dimaksud bukan hanya soal kesehatan tetapi juga soal perlindungan dan bantuan dari pemerintah.

“Karena itu, saya selalu menekankan bahwa dalam situasi krisis kita harus mampu mengubah frekuensi kita, dari frekuensi yang normal ke frekuensi yang extraordinary. Cara kerja yang berubah dari cara kerja yang rutinitas menjadi cara kerja yang inovatif dan selalu mencari smart shortcut,” kata Jokowi.

Baca Juga:  Disdik Jabar Tegaskan Tak Ada Perpeloncoan saat MPLS

Jokowi membeberkan, untuk mencapai pelayanan yang diinginkan tersebut, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam membangun komunikasi yang baik, pengawasan dan kritik yang memberikan dorongan.

“Baik berupa input, baik berupa kritik dan dukungan agar pelayanan publik di negara kita semakin berkualitas,” kata Jokowi. (Red)