Bahaya! Berikut Beberapa Penyakit Timbul Saat Musim Hujan

JABARNEWS | BANDUNG – Saat memasuki musim hujan ada baiknya kita menjaga tubuh kita agar tetap sehat, hal tersebut karena musim hujan biasanya akan membuat cuaca lebih dingin dibandingkan biasanya.

Berbagai jenis penyakit sering muncul pada saat musim hujan, oleh sebab itu kita mesti waspada terhadap hal tersebut. Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami rangkum beragam jenis penyakit yang datang pada saat musim hujan:

Pertama. Diare – Pada saat musim hujan dengan curah hujan tinggi, maka potensi banjir meningkat. Sementara, banjir berkaitan erat dengan kebersihan. Di mana, pada saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat.

Baca Juga:  Lingkar Hijau Tanggapi Pernyataan Wiranto Terkait Karhutla

Khususnya sumber air minum dari sumur dangkal akan ikut tercemar. Dengan begitu, ketersediaan air bersih menjadi terbatas dan potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

Kedua. Demam Berdarah – penyakit demam berdarah dengue (DBD) juga menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai pada saat musim hujan. Hal itu dikarenakan, pada musim hujan besar kemungkinan akan terjadi peningkatan jumlah tempat perindukan nyamuk Aedes Aegypti.

Baca Juga:  Polisi Tegaskan Info Begal di Taman Pembaharuan Itu Hoax

Ketiga. Penyakit kulit Masalah kesehatan lain yang sering muncul pada musim hujan dan banjir adalah penyakit kulit, bisa berupa infeksi atau alergi. Gangguan kesehatan ini pada dasarnya dapat terjadi karena kebersihan yang tidak terjaga dengan baik serta suhu ruangan menjadi lebih dingin.

Keempat. Infeksi saluran pernapasan – Penyakit ini timbul karena bakteri yang berkembang pesat pada saat musim hujan, Gejala utama dari penyakit ini, yakni batuk dan demam yang bisa disertai dengan sesak napas hingga nyeri dada.

Baca Juga:  Pelaku Penganiayaan Petugas Dishub Bandung Ternyata Anggota Polisi, Kasus Berakhir Damai

Kelima. Flu – Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza dan dapat menyebar melalui dahak, ingus, atau air liur yang dikeluarkan saat penderita flu batuk atau bersin.

Penulis: Muhammad Amaludin