Lantik Tiga Pimpinan Daerah, Ridwan Kamil: Maksimalkan Sisa Masa Jabatan

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Bupati Indramayu Sisa Masa Jabatan 2016-2021, Wakil Bupati Tasikmalaya Sisa Masa Jabatan 2016-2021, dan Wakil Bupati Cirebon Sisa Masa Jabatan 2019-2024, dalam acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan di Youth Centre Arcamanik, Kota Bandung, Rabu (10/2/2021).

Atas nama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Ridwan Kamil melantik Taufik Hidayat (Bupati Indramayu Sisa Masa Jabatan 2016-2021), Deni Ramdani (Wakil Bupati Tasikmalaya Sisa Masa Jabatan 2016-2021), dan Wahyu Tjiptaningsih (Wakil Bupati Cirebon Sisa Masa Jabatan 2019-2024) berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI.

Baca Juga:  Pasca Ledakan Bom di Mapolres Astanaanyar, Polres Bekasi Perketat Penjagaan

Dalam sambutannya, dia berpesan kepada tiga pimpinan daerah, kepala daerah maupun wakil kepala daerah, yang dilantik hari ini untuk fokus menangani dua urusan yakni pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Saya ucapkan selamat kepada bupati dan wakil bupati, tugas berat menanti karena hari ini masih bergelut dengan dua urusan (yakni) pandemi dan pemulihan ekonomi. Jangan dulu pikir yang lain-lain,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

Selain itu, dia menekankan pentingnya tiga nilai yang perlu dimiliki pemimpin di Jabar, yaitu integritas, melayani sepenuh hati, dan profesional. “Melayani sepenuh hati, takdir pemimpin melayani bukan dilayani, menolong bukan ditolong, memberi bukan diberi, dan terus cari solusi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Miris, Tiga Pelaku Pengeroyokan Bocah SMP di Cimahi Ditangkap Polisi, Semua masih di Bawah Umur

“Pemimpin juga harus profesional dan mengikuti perkembangan zaman. (Integritas, melayani sepenuh hati, dan profesional) itulah syarat nilai pemimpin yang membawa kemajuan dan perubahan di daerah,” tambahnya.

Adapun pelantikan kepala daerah definitif ini diharapkan semakin memperlancar tugas pemerintahan serta pembangunan di masing-masing daerah. Meski kepala daerah terpilih dalam Pilkada 2020 pun segera dilantik, Kang Emil mengingatkan pejabat yang dilantik hari ini untuk tetap bersungguh-sungguh melaksanakan tugas yang diemban.

“Sebagian (yang dilantik hari ini) waktu tugasnya tidak terlalu banyak, tapi tidak ada kata pendek atau panjang dalam pelayanan. Maksimalkan (masa jabatan), jadi manusia mulia yang membawa kemanfaatan bagi masyarakat,” pesannya.

Baca Juga:  Pelaku Pencurian Warung di Nyalindung Sukabumi Diringkus

Dalam acara pelantikan Bupati Indramayu Sisa Masa Jabatan 2016-2021, Wakil Bupati Tasikmalaya Sisa Masa Jabatan 2016-2021, dan Wakil Bupati Cirebon Sisa Masa Jabatan 2019-2024 ini, Kang Emil juga menyampaikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu atas terselenggaranya Pilkada Serentak 2020 di Jabar, termasuk Indramayu dan Tasikmalaya.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran KPU dan Bawaslu yang bisa menyelenggarakan Pilkada secara aman dan tertib sesuai prokes (protokol kesehatan),” tutupnya. (Red)