MUI: Masyarakat Harus Terus Disiplin Protokol Kesehatan

JABARNEWS | JAKARTA – Anwar Abas, Wakil Ketua MUI mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

“Protokol medis yang sudah ditetapkan oleh pemerintah hendaknya benar-benar kita perhatikan dan tegakkan dalam kehidupan keseharian kita dengan menegakkan secara ketat 3M,” kata Anwar pada Minggu (7/2/2021).

“Yaitu sering-sering mencuci tangan, selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” lanjut dia.

Baca Juga:  Sempat Diancam akan Diboikot, Elektabilitas PDIP Jabar Tetap Teratas

Menurut Anwar, Indonesia dapat pulih dari Covid-19 dengan tertib menerapkan protokol kesehatan.

“Tanpa adanya kesadaran yang tinggi dari seluruh warga masyarakat dan warga bangsa tentang hal tersebut maka masalah yang kita hadapi tentu saja akan semakin berat dan kita tentu saja tidak mau hal itu terjadi,” ucap Anwar.

Prof. Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan alami penurunan.

Baca Juga:  Terlilit Utang Rp1 Miliar, Ibu Hamil di Depok Nekat Jual Ginjal

“Sejak minggu ketiga September hingga minggu keempat Desember 2020, persentase kepatuhan memakai masker menurun 28 persen dan persentase kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan menurun 20,6 persen,” ujar Wiku pada Kamis (7/1/2021).

Pada Oktober 2020 tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan melebihi 70 persen, sedangkan pada Desember 2020 menjadi 55 persen.

Baca Juga:  Cegah Kecurangan Saat Pengisian Bahan Bakar, Pemkab Purwakarta Lakukan Sidak

Turunnya disiplin menerapkan protokol kesehatan diakibatkan meningkatnya kasus Covid-19 lebih dari 100 persen.

“Ini bukanlah sebuah kebetulan, data telah dengan nyata menunjukan tren kepatuhan protokol kesehatan yang semakin menurun berbanding lurus dengan tren penambahan kasus positif mingguan yang semakin meningkat,” pungkas Wiku.

Penulis : Hilmi Ananda