Dorong Pengembangan UMKM, Yana Mulyana Minta Masyarakat Untuk Berinovasi

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana terus mendorong masyarakat untuk berinovasi untuk mengembangkan potensinya di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, dengan inovasi masyarakat mampu mengetahui perkembangan di sekitar, khususnya dalam bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Tentunya Pemkot Bandung mengapresiasi yang sudah dilakukan para pelaku usaha, juga dukungan dari kewilayahan. Karena pandemi Covid-19 ini membawa dampak yang harus dimanfaatkan baik oleh kita,” kata Yana di Bandung, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga:  Intimidasi Puluhan Bidan‎ Bisa Masuk Ranah Hukum

Yana menegaskan, Pemkot Bandung terus berupaya memberikan fasilitas bagi para pelaku usaha. Salah satunya dengan mempertemukan para pelaku usaha dengan para pembelinya.

Di antaranya menggelar Business Matching, yang langsung dilihat oleh pembeli melalui media virtual. “Insyaallah nanti kita tampilkan produk unggulan Kota Bandung, sehingga pembeli nanti bisa melihatnya. Mudah-mudahan tertarik dengan produk kita,” tegasnya.

Baca Juga:  Warga Ciamis Dihebohkan Penemuan Fosil Geraham Gajah Purba

Yana mengimbau, bagi pelaku usaha harus konsisten menjalani usahanya. Dengan konsistensi dan marketing yang baik, maka hasil pun akan mudah diraih.

“Harus berkesinambungan, misalnya ketersediaan produk jangan sampai turun,” tuturnya.

Baca Juga:  Apresiasi Karya, Alterschool Rilis Program Pendidikan Layar Koneksi

Tak hanya itu, soal penetapan harga pun harus dipikirkan dengan matang. Mulai dari modal, biaya distribusi, hingga harga jual harus dihitung dengan cermat, sehingga bisa memperoleh laba yang jelas.

“Pengusaha harus betul-betul memahami ini. Sehingga hasil yang didapat bisa digunakan untuk produksi selanjutnya,” tutupnya. (Red)