Cegah Covid-19, Ratusan Sopir Angkot di Lembang Ikuti Swab Antigen

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro hari kedua di Kabupaten Bandung Barat, para sopir angkutan kota (angkot) di wilayah Lembang mengikuti swab antigen.

Swab antigen terhadap para sopir angkot itu digelar oleh Dinas Perhubungan bersama pihak terkait, Rabu (10/2/2021), di Terminal Lembang. 

Kepala Dinas Perhubungan Bandung Barat, Lukmanul Hakim menyatakan, pihaknya ingin berkontribusi mendukung pelaksanaan PPKM mikro. 

Salah satunya ialah dengan mengadakan rapid antigen gratis kepada sekitar 100 pengemudi angkot di wilayah Lembang.

Baca Juga:  Waduh! Satu Kampung di Tanjungpura Tasikmalaya Terpapar Covid-19

“Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 kepada penumpang maupun keluarga supir angkot. Mudah-mudahan hasilnya tidak ada yang reaktif,” ujarnya.

Bilamana ditemukan supir yang dinyatakan reaktif Covid-19, maka selanjutnya akan dilakukan tes PCR terhadap sopir yang bersangkutan. 

Lukmanul menginginkan, protokol kesehatan benar-benar dijalankan baik oleh seluruh masyarakat termasuk supir angkot karena mereka kerap bersentuhan langsung dengan orang banyak.

Selain mengadakan rapid antigen, Dinas Perhubungan juga melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan berkeliling Lembang dengan mengoptimalkan Bus Ngumbara. 

Baca Juga:  DPR dan Pemerintah Bahas Pilkada Serentak 2024, Sepakat Dipercepat?

Lukmanul mengaku, saat ini Pemkab Bandung Barat melakukan fokus penanganan penyebaran Covid-19 di tiga kecamatan, salah satunya Lembang.

“Fokus utama di tiga besar penyebaran Covid-19, yakni Lembang, Padalarang dan Ngamprah. Lembang ini cukup tinggi sekarang ini, makanya nanti kita lanjutkan sosialisasi dengan mengambil rute mulai dari terminal,” katanya.

“Bus Ngumbara ini kemudian akan bergerak ke Jalan Grand Hotel, Polsek, Alun-alun, Sespim, Langensari, Kayuambon, kantor Kecamatan Lembang lalu balik lagi ke sini,” sambung dia. 

Baca Juga:  Terbukti Bersalah Menipu, Selebgram Medina Zein Divonis 2 Tahun Penjara

Sementara itu, seorang supir angkot jurusan Lembang-Stasiun, Heri mengatakan, dirinya baru pertama kali menjalani pemeriksaan swab antigen. 

Dia menilai pemeriksaan kali ini sangat baik karena dirinya dapat mengetahui apakah terpapar Covid-19 atau tidak.

“Baru kali ini saya di-swab antigen. Mudah-mudahan tidak terpapar,” kata Heri, di sela pemeriksaan swab antigen. (Yoy)